PEREKRUTAN SDM DI ERA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Senen Senen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Febri Riyandi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Marsela Widya Monika Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Nurhayati Nurhayati Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Rachmat Indra Yadi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Vika Komalasari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10506

Keywords:

Perekrutan, Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lainnya, serta melibatkan segenap sivitas akademika: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni.  Melalui PKM sivitas akademik  dapat hadir  di tengah-tengah masyarakat. Melihat lokasi kampus yang tidak jauh dengan lokasi Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, maka sudah menjadi kewajiban bagi Universitas Pamulang (Unpam) untuk ikut serta membantu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh. Ilmu Manejemen Sumber Daya Manusia di era krisis akibat pandemi ini demi mempertahankan bisnis yang berjalan maka kami mencari tahu mengenai perekrutan sdm di era pandemi Covid-19. Hal ini termasuk ke dalam turbulensi industri, perubahan yang sangat cepat terjadi pada lingkungan bisnis sehingga perusahaan yang mau bertahan harus bisa dengan cepat beradaptasi. Ketahanan suatu bisnis ditentukan oleh kemampuannya dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan lingkungan serta perubahan yang terjadi.  Kunci keberhasilan organisasi atau bisnis untuk bertahan ada pada kualitas yang dimiliki oleh sumber daya manusia di dalamnya, dimulai dari level individu hingga level grup. Contoh perubahan yang terjadi pada perusahaan adalah proses perekrutan sumber daya manusia atau karyawan. Adapun di tengah banyaknya tren rekrutmen ini, ada beberapa perubahaan yang perlu dilakukan tim HRD agar perusahaan tetap bisa merekrut karyawan terbaik meski dengan kondisi darurat seperti ini. PKM dengan judul: “Perekrutan SDM di era pandemi Covid-19†secara umum berjalan dengan lancar dan tertib. Masyarakat antusias dalam menyimak penjelasan materi yang diberikan. Antusiasme warga pun berlanjut saat tanya jawab seputar peragaan. Kegiatan PKM ini dinilai berjalan efektif karena tingkat ketertarikan warga cukup tinggi terhadap pengetahuan Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan.

References

Astuti, W., Purwoko, G. D., Senen, S., Sudarso, E., & Thaharuddin, T. (2021). MEMPERKUAT MOTIVASI BELAJAR DAN PERENCANAAN KARIER DI KELURAHAN PONDOK BENDA. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 103-111.

Elburdah, R. P., Pasaribu, V. L. D., Rahayu, S., Septiani, F., & Metarini, R. R. A. (2021). MOMPRENEUR PENOPANG PEREKONOMIAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN BISNIS ONLINE PADA KELURAHAN PONDOK BENDA. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-82.

Iskarim, M. (2017). “Rekrutmen pegawai: starting-point menuju kinerja organisasi yang berkualitas dalam perspekti manajemen sumber daya manusia dan islamâ€. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 307-327.

Kurniati, Tursina. (2014) “Pengaruh Proses Rekrutmen, seleksi dan gaji Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. BANK Syariah Mandiri cabang Yogyakarta)â€.

Kasmir. 2016. “Analisis Laporan Keuanganâ€. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. (2020). Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 356-358.

Senen, S., Krisnaldy, K., & Ishak, G. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI (Studi Kasus Yayasan Nurul Ihsan). Jurnal Arastirma, 1(1).

Soepandi, A., Krisnaldy, K., Purnomo, S., Senen, S., & Syukri, A. (2020). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN UKM BARU PADA IBU-IBU PKK KELURAHAN BINTARO JAKARTA SELATAN. JURNAL LOKABMAS KREATIF, 1(1), 100-106.

Susanto, S., & Halim, I. (2020). Pengaruh Human Relation Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(1).

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-16.

Yullyanti, Ellyta. (2009) “Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawaiâ€. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16 (3), 1-9.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/tips-jalani-rekrutmen-saat-psbb-karena-pandemi-covid-19/

https://www.linovhr.com/strategi-rekrutmen-online/

https://uptown.id/id/2020/08/25/11-cara-merekrut-karyawan-di-masa-pandemi-covid-19-seperti-apa-ya/

Downloads

Published

2021-05-03