PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENEMUKAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Ilmadi Ilmadi S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Besse Arnawisuda Ningsi S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Hendro Waryanto S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Eni Suryani S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Rifki Saefullah S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Adinda Safitri S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Yuni Permatasari S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Reisya Junita Putri S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang
  • Deka Nirmala Sari S1 Matematika, FMIPA, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10508

Keywords:

Media pembelajaran, Konsep matematis

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta didik yang ada di Yayasan Otto Iskandar Dinata, dalam pembuatan media pembelajaran gunakan menemukan konsep-konsep matematis. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta didik yang ada di Panti Asuhan Yayasan otto Iskandar Dinata mampu membuat media pembelajaran serta menemukan konsep matematis dari media tersebut. Peserta pelatihan ini adalah anak-anak panti asuhan wisma karya bakti yayasan otto Iskandar dinata yang berada di jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Metode yang dilaksanakan berupa penyampaian materi serta pendampingan pembuatan media pembelajaran melalui diskusi kelompok dan tutorial. Hasil dari kegiatan pelatihan ini berupa termotivasi nya peserta didik dalam belajar, peserta didik mampu menemukan konsep matematis dari media yang mereka buat. Hasil angket respon yang dibagikan menunjukkan hasil 90% peserta didik memamahi materi pelatihan, 88% merasa puas dengan pembimbingan, serta 89% menyatakan puas dengan metode yang digunakan instruktur memberikan pendampingan. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan waktu pelatihan, sehingga perlu adanya tambahan waktu agar hasil yang didapatkan maksimal.

References

Emda Amna, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,†Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 181

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Ilmadi, Aden, Gerry Sastro, Yulianti Rusdiana, I. (2020). Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas, 1(3), 119–124.

Isnurani, I., Sastro, G., Valentika, N., Nurbaiti, D., Sugianti, D., Lestari, P. I., Oktavian, S., Maesaroh, S., Nurmelani, V., Zufikar, P., Matematika, P., & Pamulang, U. (2021). Jurnal abdidas. 2(1), 121–126.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Published

2021-05-03