SOSIALISASI PROGRAM DANA USAHA KESEHATAN MASYARAKAT (DUKM) DI DESA KURIPAN CISEENG, BOGOR

Authors

  • Sri Utaminingsih Dosen Universitas Pamulang
  • Arif Hidayat Dosen Universitas Pamulang
  • Rohman Abdurrahman Dosen Universitas Pamulang
  • Abdul Razak Dosen Universitas Pamulang
  • Ferry Kurniawan Dosen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10510

Keywords:

Kesehatan, Dana, Masyarakat

Abstract

Kesehatan merupakan layanan sosial dasar bagi masyarakat, selain itu kesehatan juga dapat dijadikan sebagai investasi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan baik dibidang ekonomi, pendidikan serta berperan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkulitas. Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya di Desa Kuripan Ciseeng Bogor. Selain itu hasil yang diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya dana usaha kesehatan masyarakat (DUKM), karena kesehatan merupakan pelayanan sosial maka dari itu dalam penyelenggaraan layanan kesehatan perlu dilaksanakan dengan cepat dan tanggap serta biaya bukan menjadi suatu hambatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan  sehingga tidak ada lagi ketidak merataan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan dapat diterapkan dalam kehidupan.

References

Eliana, ,& Sri Sumiati,. 31 Maret 2020 “Konsep Kesehatan Masyarakat†(https://pediailmu.com/kesehatan/konsep-kesehatan-masyarakat/ diakses pada desember 2020 )

Pak Dosen, 7 November 2020. â€Pelayanan Kesehatan†(https://pakdosen.co.id/pelayanan-kesehatan/)

Rinaldhi Iwong Ari & Muhammad Ali Sodik. January 26, 2021 “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan†IIK STRADA INDONESIA.

UU Kesehatan Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009

Downloads

Published

2021-05-03