STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN YAYASAN MELALUI PROGRAM WIRAUSAHA PADA YAYASAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT SEJAHTERA JL. MASJID DARUSSALAM NO. 40 KEDAUNG, PAMULANG, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Hadi Supratikta Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Ade Saputra Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Noviyanti Noviyanti Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Boniarta Samosir Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Ayuk Ayus Istingadah Magister Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10513

Keywords:

Manajemen Keuangan, Manajemen Pemaasaran, Manajemen SDM, Wirausaha

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bekerjasama dengan yayasan pembangunan masyarakat sejahtera. Jl. Masjid Darussalam No. 40 Kel Kedaung Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan 15415. Dengan tujuan untuk Memberikan pengetahuan dalam hal kemandirian sebuah yayasan dan memberikan pengetahuan tentang wirausaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, dan pemberian materi mengenai Strategi Mewujudkan Kemandirian Yayasan Melalui Program Wirausaha yang harus dijalankan oleh Yayasan agar dapat menjadi yayasan yang mandiri. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera adalah membutuhkan bantuan permodalan, dukungan/pendampingan atau biaya operasional yang cukup besar, solusi yang diberikan adalah memberikan pendampingan untuk memberikan penyuluhan materi yang berkaikan dengan kewirausahaan dan kemitraan.

References

Abidin, A.Z. dan Dharma, M.B. (2017). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dinas koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Pascasarjana Universitas Pamulang: Prosiding Seminar Ilmiah Nasional “Membangun Paradigma Kehidupan Melalui Multi Disiplin Ilmu

Achmad, Nur. 2015. Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan. Surakarta: BPK FEB UMS.

Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA GUDAWANG. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana, 1(3), 424-429.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Scarborough, Norman. 2006. Kewirausahaan The New Venture Formation, Prentice- Hall International, Inc.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah. Diakses tanggal 16 Oktober 2016 dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/29/konsep-kewirausahaandanpendidikan-kewirausahaan/

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.

Suryana, 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju. Sukses, Edisi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta.

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2)

Zimmerer, Thomas W dan Scarborough, Norman M. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen.UsahaKecil, Jakarta: Salemba Empat.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada.

Downloads

Published

2021-05-03