PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM INTERMODA BSD CITY DIMASA COVID-19

Authors

  • Juhaeri Juhaeri Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Danang Febianto Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Eka Yusti Diana Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Abdul Haris Pamungkas Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Evi Fauziah Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sokhibi Sokhibi Magister Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10514

Keywords:

Manajemen, UMKM, Digital Marketing dan Covid-19.

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah untuk mengetahui seberapa besar penerapan Digital marketing dalam memasarkan produk UMKM  di masa era Covid-19. Adapun metode pengukuran dengan menggunakan tiga pendekatan diantaranya (1) Metode phenomenalogical research dimana metode kualitatif dapat di artikan sebagai metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang digunakan pada kondisi objek, dimana peneliti sebagai instumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) hasil analisis bersifat induktif yaitu menekan makna dari generialisasi Creswell 2009 (dalam bukunya Sugiyono 2017:24), (2) Metode Grounded theory dari penelitian ini salah satu jenis metode kualitatif, dimana peneliti menarik generilisasi yang diamati secara induktif, (3) Metode Ethnography is qualitatif strategy menrurut (Crewell 2209) menyatakan  salah satu jenis penelitian kualitatif  peneliti melakukan  studi budaya kelompok melalui observasi wawancara Hasil dari observasi dan wawancara dan pelatihaan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran para pelaku UMKM pasar modern internoda BSD city kota tangerang selatan untuk menggunakan digital marketing di tengah pandemi covid-19 dan mengetahui dampak Digital Marketing dalam dapat peningkatan omset penjualan bagi UMKM  pasar modern internoda BSD city kota tangerang selatan di tengah pandemi covid-19. Hasil dilakukan pendampingan terhadap Seminar dan pelatihan Peranan Digital Marketing dalam memasarkan Produk UMKM Intermoda BSD City Dimasa Covud-19 ini untuk meningkatkan Penjualan produk UMKM dimana saat ini sedang lesu lesunya , dikarenakan aturan protocol kesehatan covid yang melarang orang untuk berkumpul  sehingga mengakibatkan tradisional marketing yang saat ini berjalan menjadi tidak efektif sehingga pendapat UMKM menjadi menurun di Pasar Intermoda BSD City , Pengembangan  dan sosialisai Digital Marketing membawa dampak yang besar dalam sector penjualan saat ini , dimana mereka memulai untuk menggunakan digital market place seperti Shopee , tokopedia , Bukalapak , OLX , Blibi , facebook marketplace dan lain sebagainya , sebagai sarana untuk mendongkrak penjualan mereka , sehingga saat ini para UMKM masih bisa bertahan dengan mengandalkan 80 % dari Digital Marketing.

References

Allah, T., August, P., Bhaza, S., Chigovanyika, T., Dyan, U., Muteweye, T., et al. (2013). Corporate governance The Fast Food Industry: A Valuable Tool For Small Business Survival. African Journal of Business Management, 7 (4), 260-264.

Achmad T, A Rukyani, A Wijono. 1995. Teknik Budidaya Laut dengan Keramba Jaring Apung. Di dalam : Temu Usaha Pemasyarakatan Teknologi Keramba Jaring Apung bagi Budidaya Laut. [Prosiding Workshop]; Jakarta 12-13 April 1995. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerja sama dengan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Agribisnis (FKPPA). Hlm 69-73.

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2018). Produk Domestik Bruto Kota Kota Bogor Menurut Pengeluaran 2014-2018.

Departemen Kelautan Perikanan. Jakarta. Fauzi A. 2001. Prinsip-Prinsip Penelitian Sosial Ekonomi. Paper (Tidak Dipublikasikan). Bogor: Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan, Institut Pertanian Bogor. Ghufran M. 2001. Pembesaran Kerapu Bebek di Keramba Jaring Apung. Penerbit Kanisius.Yogyakarta. Gittinger, J. 1986. Analisis Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Edisi Kedua. Universitas Indonesia.

Ghufran M. 2001. Pembesaran Kerapu Bebek di Keramba Jaring Apung. Penerbit Kanisius.Yogyakarta. Gittinger, J. 1986. Analisis Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Edisi Kedua. Universitas Indonesia.

Jony Wong, dalam Nitisemito 1998, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghali Indonesia.

Porter dalam Muhardi 1998, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghalia Indonesia

Shinozaki, S. (2012). A New Regime of SME Finance in Emerging Asia: Empowering Growth-Oriented SMEs to Build Resilient National Economies. Asian Development Bank. Asian: ADB Working Paper Series on Regional Economic Integration.

Sitoresmi, L., & Fuad. (2013). Factors Affecting the Use of Accounting Information In Small and Medium Enterprises (Studies On Sido Rukun Semarang) (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Pada Kub Sido Rukun Semarang)). Diponegoro Journal Of Accounting, 2 (3), 1-13.

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1 (1).

Suprihatin, D. 2008. Analisis Pendapatan Pengusaha Ayam Potong (Studi Kasus Kota Jakarta Selatan). Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia.

Malayu SP Hasibuan, 2008, Manajemen, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Teketel, T., & Berhanu, Z. (2009). Internal Control In Swedish Small And Medium Size Enterprises. Master Thesis Umeå School of Business - USBE.

Peraturan Menteri Perdagangan No. 13 tahun 2012 tentang Ketentuan Umum dibidang Ekspor

Wiwit Irawati, Sugiyanto, Luh Nadi 2019 Intellectual Capitaldan Program Pendampingan sebagai Pemberdayaan Ekonomi Kreatif UMKM Jurnal Ekonomi : Journal of Economicp-ISSN 2087-8133| e-ISSN : 2528-326X

Published

2021-05-03