EKONOMI KREATIF USAHA DAGANG SECARA ONLINE DIMASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Achmad Sumali Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Surasni Surasni Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Angga Rovita Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Syarifah Ida Farida Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Agustina Mogi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i2.10515

Keywords:

Ekonomi Kreatif

Abstract

Corona Virus atau yang kita kenal dengan sebutan Covid-19 menjadi topik pembahasan paling trending di Indonesia. Dengan jumlah pasien positif terpapar virus ini yang semakin bertambah membuat warga masyarakat tak berhenti resah dan adanya kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah. Banyak sekali faktor penyebab terus bertambahnya pasien Covid-19 salah satunya dari ketidaksadaran masyarakat tentang Covid-19 membuat pemerintah dengan mudah mengidentifikasi dan memberlakukan kebijakan untuk kasus ini. Dari beberapa sektor yang terdampak Covid-19, sektor ekonomi di bidang usaha menjadi sektor yang paling terdampak karena banyak perusahaan kecil menengah harus memberhentikan karyawannya dikarenakan penurunan pendapatan akibat produk-produk mereka tidak bisa terjual dengan lancar dan terhenti. Dalam hal ini, program pengabdian masyarkat yang dilaksanakan di kelurahan Perigi Tangerang Selatan adalah ekonomi kreatif yang didukung dengan penggunaan media sosial yang dengan mudah dapat diakses kapan saja dan dimana saja, karena kebanyakan dari mereka memasang ilkan di media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsup, bahkan aplikasi Tiktok. Kemudahan dan kecepatan pemasangan iklan membuat usaha online di tengah pandemi saat ini di gandrumi oleh sebagian besar kalangan masyarakat.

References

Asmani,Jarnal. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan loka. Jogjakarta:Diva ress

A.Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Edisi ke 5 Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Badrudin, Rudy. (2011). Model Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah dengan One Village One Product Untuk Menguragi Kemiskinan di Indonesia, Prosiding, ISBN 978 602 9018 66 00, 2012.

Belch, G.E. & Belch, M.A. (2004). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Boston: McGraw Hill Irwin. Creswell,

John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Edisi 3 Yogyakarta : Pustaka Pelajar. DeLozier, ,

Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu sebagai Penyampai Pesan Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 324-332. Klimchuk,

Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Milenium. Jakarta:Prenhallindo.

Kriyantono, Rakhmat. 2014. Panduan Praktis Riset Ilmu Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Lamb, Hair,

McDaniel. 2001. Pemasaran Buku 2. Jakarta : Salemba Empat Lindolf. 2005. Qualitative Communication Methods. London: SAGE Publications. Littlejohn,

Stephen W., Karen A. Foss, 2005, “Theories of Human Communication Eight Editionâ€London: SAGE. L

Downloads

Published

2021-05-03