PEMANFAATAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE

Authors

  • Ibrahim Bali Pamungkas Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Nanda Rodiyana Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Guruh Dwi Pratama Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Yuli Wahyudi Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13496

Keywords:

Media Sosial, Digital Marketing, SEO

Abstract

Kegiatan PKM yang dilaksanakan dengan acara tatap muka dan praktek SEO berjalan dengan baik dan lancar. Pertemuan tatap muka dengan metode ceramah dan demonstrasi, dilanjutkan latihan/praktek untuk memanfaatkan SEO. Pokok bahasan yang disampaikan mengenai: 1.Pemanfataan Media Sosial, 2.Pemanfaatan Digital Marketing, 3.Pemanfataan SEO. Keterbatasan waktu pertemuan mengakibatkan tidak semua materi dapat disampaikan dengan detil. Kegiatan yang diawali dengan ceramah dan demonstrasi ini kemudian dilanjutkan latihan. Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan secara antusias oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Hasil kegiatan PKM secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut: 1. Keberhasilan target jumlah peserta pelatihan 2. Ketercapaian tujuan pelatihan 3. Ketercapaian target materi yang telah direncanakan 4. Kemampuan peserta dalam penguasaan materi Target peserta pelatihan seperti direncanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa target kegiatan tercapai.

References

Alexa. 2017. The Top 500 Sites On The Web. http://www.alexa.com/topsites. Diakses pada tanggal 14 April 2021.

Dedeh. 2013. Mastering Information Technology. http://mit.ilearning.me/tentang-dedeh/. Diakses pada tanggal 14 April 2021.

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Maxmanroe. 2016. Pengertian SEO. https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html. Diakses pada tanggal 14 April 2021.

Niagahoster. 2018. Manfaat Seach Engine Optimization Bagi Bisnis Anda. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/#Pengertian_SEO. Diakses pada tanggal 23 Mei 2021.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Setiawan, Agus. 2011. Cara Mudah Banjir Order Melalui Internet Marketing. Malang: Madza.

Susanto, S., Duddy Dinantara, M., Sutoro, M., & Iqbal, M. (2019). Pengantar Hukum Bisnis.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Published

2021-10-11