KREATIFITAS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL

Authors

  • Sigit Purnomo Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Arman Syah Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Agung Tri Putranto Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Akhmar Barsah Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Rahadyan Tajuddien Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13497

Keywords:

Kreatifitas, Media Sosial

Abstract

Salah satu dari tujuan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diatur dalam Pasal 20 dan 24 Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai pertanggungjawaban kami, maka dalam melaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan PKM ini dilaksanakan pada organisasi ARIMBIN (Anak Rimba Bintaro) dengan memberikan seminar, workshop mengenai pemanfaatan media social yang bijak dan bermanfaat bagi kehidupan sosial. Pelaksanaan ini dilakukan oleh 5 (lima) orang dosen pengabdi yang semuanya dosen dari Prodi S1 Manajemen Universitas Pamulang. Kegiatan pertama-tama dilakukan dengan perkenalan, pemaparan materi, demonstrasi kemudian dilaksanakan tanya jawab dengan peserta ARIMBIN yang berkaitan dengan media sosial Hasil dari kegiatan PKM ini bertujan agar organisasi ARIMBIN ini mampu memahami dan melaksanakan konsep yang sudah diberikan oleh tim PKM dengan pemanfaatan media sosial yang kreatif agar mampu bersaing dilingkungan luar dan mampu menjual produk ARIMBIN lewat penggunaan media sosial. Dan bagi tim PKM akan terus memonitoring perkembangan dan terus mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

References

Darusman, Y. M., & Benazir, D. M. (2021). PENYULUHAN PENTINGNYA PEMAHAMAN TENTANG KEMANFAATAN DAN KEMUDARATAN MEDIA SOSIAL DI DESA KAWUNGLARANG, KECAMATAN RANCAH, KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 68-74.

Darusman, Y. M., Bastianon, B., Susanto, S., Benazir, D. M., & Setiawan, T. (2021). Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 173-179.

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.

http://abcddy.blogspot.com/2013/12/makalah-bahasa-indonesia-pengaruh-media.html

http://ajrajr.blogspot.com/2011/10/pengaruh-media-sosial-terhadap.html

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://madces.blogspot.com/2011/10/pengaruh-media-social-network-terhadap.html

http://ovaltinesusu.wordpress.com/2013/05/14/mediasosial-2/

http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran serta-fungsinya/

http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/

http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html#sthash.K04wZepV.dpuf

Kotler dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta: Erlangga

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Lewis, B.K. 2010. Social Media and Strategic Communication: Attitude and Perception Among Collage Student. International Journal of Public Relation Society of America.

Rachmawati, Yeni. 2015. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DENGAN MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA DI KAMPUNG SENGKOL RT 06/02 KELURAHAN MUNCUL KECAMATAN SETU TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-16.

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Susanto, S., Duddy Dinantara, M., Sutoro, M., & Iqbal, M. (2019). Pengantar Hukum Bisnis.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2021-10-11