KONTEN KREASI SEBAGAI SARANA PEMASARAN DIGITAL

Authors

  • Arief Budiyanto Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Laura Komala Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Wahyu Andri Wibowo Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Imbron Imbron Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • M. Badru Zaman Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13501

Keywords:

Pelatihan, Digital, Digital Marketing, Sosial Media, Konten

Abstract

Pengabdian ini berjudul Konten Kreasi Sebagai Saran Pemasaran Digital. Dan berlokasi di Komunitas Arimbin (Anak Rimba Bintaro) komunitas yang sebagian besar kegiatannya berkaitan dengan dunia Pecinta Alam yang berlokasi di Pondok Pucung, Tangerang Selatan. Tujuan pengabdian ini adalah  untuk memberikan arahan dan juga bimbingan terhadap anggota Arimbin, terkait dengan pemahaman dan pengertian pemasaran digital (digital marketing). Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu. 1) Tahapan Pendahuluan; dalam tahapan ini meliputi kegiatan survei lapangan dan hubungan dengan objek lokasi pengabdian serta penyusunan rancangan kegiatan dan keluaran dari kegiatan tersebut. 2) Tahapan Sosialisasi; dalam tahapan ini tim yang sudah menyusun dan membentuk rancangan acara kemudian menyampaikan kepada pihak sekolah serta pelaksanaan beserta keluaran yang ditentukan. 3) Tahapan pelaksanaan; tahapan ini adalah pelaksanaan dari rancangan kegiatan yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah Peserta memahami dan mengerti mengenai konsep dan pengertian pemasaran digital dan bagaimana bentuk-bentuknya. Kemudian peserta dapat menggunakan media-media digital yang kemudian dijadikan sarana untuk melakukan pemasaran digital kepada para target konsumen. Dalam hal ini, peserta menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan organisasi ARIMBIN kepada para calon target pasar mereka. Serta Peserta dapat menggunakan media pemasaran digital untuk memasarkan organisasi ARIMBIN agar dapat memperkenalkan organisasi tersebut kepada masyarakat luas dan memberikan dampak kepada masyarakat pada umumnya.

References

Aliami, S., Hakimah, E. N., & Fauji, D. A. S. (2018). Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’S (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 73–87. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.105

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. Retrieved from www.apjii.or.id

Darusman, Y. M., & Benazir, D. M. (2021). PENYULUHAN PENTINGNYA PEMAHAMAN TENTANG KEMANFAATAN DAN KEMUDARATAN MEDIA SOSIAL DI DESA KAWUNGLARANG, KECAMATAN RANCAH, KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 68-74.

Fawaid, A. (2018). Merubah Konsep Pemasaran Batik Madura, dari Konvensional ke Digital Marketing. Eksyar, 5(1), 56–67. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o

Prabu, A., Harahap, I. N., Ernasari, N., Primagani, T., Nirpana, B., Andriyas, I., & Susanto, S. (2020). Kemudahan Berusaha Dalam Cluster Omnibus Law. Jurnal Lex Specialis, 1(2).

Hanifawati, T., Ritonga, U. S., & Puspitasari, E. E. (2019). Popularitas Merek di Sosial Media: Analisis Pengaruh Waktu, Konten, dan Interaksi Merek. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 9–26. https://doi.org/10.15408/ess.v9i1.9037

Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan, (c), 345–352. Retrieved from http://fe.unp.ac.id/sites/default/files/unggahan/26. Rose Rahmidani (hal 344-352)_0.pdf

Ri’aeni, I. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Produk Kuliner Tradisional. LUGAS Jurnal Komunikasi, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.31334/ljk.v1i2.443

Soegoto, E. S., & Rafi, M. S. F. (2018). Internet role in improving business transaction. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 407(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/407/1/012059

Susilo, B. (2018). Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial di Kota Pontianak. Eksplora Informatika, 8(1), 69–79. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.163

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-16.

Utama, I. D. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA ERA DIGITAL DI KOTA BANDUNG Iston Dwija Utama. Equilibrium, 7(i), 1–9.

Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222

Downloads

Published

2021-10-11