STRATEGI PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DESA PABUARAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13516Keywords:
Strategi Pemasaran, Penjualan, UMKMAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan terhadap UMKM Desa Pabuaran, Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor dalam menerapkan strategi pemasaran melalui marketplace dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM Desa Pabuaran. Permasalahan yang diangkat mengenai cara memasarkan produk yang efektif melalui market place. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu (a). Tahap Persiapan meliputi : (1). Survey awal (2) Pemantapan dan penentuan lokasi sasaran, (3). Penyusunan bahan/materi pelatihan. Hasil kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM Desa Pabuaran dalam upaya meningkatkan penjualan dengan cara pemasaran yang efektif pada marketplace.
References
Apriansyah, M., Sahroni, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Krisyanto, E. (2020). Membangun Spirit Kewirausahaan sebagai Langkah Positif di Masa Pandemi pada Kelompok PKK Kel. Cipinang Melayu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 418-423.
Goldsmith, R. E., & Flynn, L. R. (2004). Psychological and behavioral drivers of online clothing purchase. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.
Hardian, H., & Sari, D. K. S. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Minuman Teh Dengan Metode Quality Function Deployment (Qfd). Jurnal Teknik Industri, 5(1).
Jayanti, N. K. D. A., Sastrawangsa, G., & Suradarma, I. B. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Nilai Jual Dan Pemasaran Bagi Ukm Kopi Bali. Ngayah: Majalah Aplikasi IPTEKS, 7(2).
Laudon, K. C. (2008). E-commerce: business, technology. Pearson India.
Mubarok, A., Sahroni, S., & Sunanto, S. (2021). Uji Mann Whitney Dalam Komparasi Hasil Bimbingan Praktik Kewirausahaan Mahasiswa Antara Dosen Laki-Laki Dan Perempuan Pada Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 9-15.
Rachman, A. N., & Ramdani, C. M. S. (2016). IbM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis (Studi Kasus: UKM kelom geulis Tamansari Tasikmalaya). Jurnal Pengabdian Siliwangi, 2(1).
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. VALID Jurnal Ilmiah, 16(1), 123-135.
Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sahroni, S., Krisyanto, E., Ganar, Y. B., Mukrodi, M., & Dinantara, M. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mempersiapkan Wirausaha-Wirausaha Baru Di Pkbm Nurul Qolbi Kota Bekasi-Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-Commerce. Panduan Bagi Pemula untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.
Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).