PENGUATAN LITERASI INFORMASI DAN MEDIA DIGITAL REMAJA GENERASI MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13519Keywords:
Literasi informasi dan media, literasi digital, remaja generasi milenialAbstract
Literasi informasi dan media digital memiliki peranan penting dalam menunjang berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pencarian dan produksi informasi di Internet. Inisiasi program peningkatan pada kedua jenis literasi tersebut perlu terus digalakkan untuk memastikan setiap warga digital dan terutama remaja generasi milenial dapat tetap santun dalam berbagi informasi dan menjalin komunikasi di dunia maya. Artikel ini melaporkan penguatan literasi informasi dan media digital, khususnya terkait dengan kesadaran akan pentingnya menjaga identitas, etika, hak cipta, dan privasi digital dari hasil program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan kepada para remaja milenial. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kepedulian remaja terhadap identitas dan reputasi digital di Internet meningkat secara signifikan sementara hanya ada peningkatan kecil terkait penghargaan terhadap hak dan kewajiban dalam menggunakan karya orang lain di Internet. Program pengabdian di masa depan perlu lebih fokus dalam menyosialisasikan hak cipta digital dan mengampanyekan Internet sehat.
References
Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197.
https://doi.org/10.24090/komunika.v11i 2.1365
Alinurdin, A. (2019). Etika Penggunaan Internet (Digital Etiquette) di Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 123–142.
https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y201 9.p123-142
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1–16.
Bulger, M., & Davison, P. (2018). The Promises, Challenges, and Futures of Media Literacy. Journal of Media Literacy Education, 10(1), 1–21. https://doi.org/10.23860/JMLE-2018-
-1-1
Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan dan Pendampingan Literasi Digital untuk Peningkatan Kualitas Remaja dalam Menggunakan Internet. Dinamisia!: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618.
https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4. 4003
Chalim, S., & Anwas, E. Oos. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42.
https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14 i1.19558
Çoklar, A. N., Yaman, N. D., & Yurdakul, I. K. (2017). Information Literacy and Digital Nativity as Determinants of Online Information Search Strategies. Computers in Human Behavior, 70(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.05 0
Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial bagi Anak dan Remaja (Vol. 1, Issue 1). Puskakom UI.
Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian Media Sosial dan Self Concept pada Remaja. Manasa- Old, 5(1), 30–41.
Fraillon, J., Ainley, J., Schulz, W., Duckworth, D., & Friedman, T. (2019). IEA International Computer and Information Literacy Study 2018 Assessment Framework. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030- 19389-8
Gumilar, G. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40.
Hakim, S. N., Raj, A. A., & Prastiwi, D. F.C. (2017). Remaja dan Internet. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1, 311–319.
Haristya, S. (2017). Digital Natives: Pemahaman dan Sikap mengenai Hak Cipta dan Kreativitas Digital. Jurnal Komunikasi Indonesia, 3(1), 5–12. https://doi.org/10.7454/jki.v3i1.7843
ISTE. (2021). ISTE Standards for Students. https://www.iste.org/standards/for- students
JISC. (2014). Developing Digital Literacies. https://www.jisc.ac.uk/guides/developin g-digital-literacies
Jones-Jang, S. M., Mortensen, T., & Liu, J. (2021). Does Media Literacy Help Identification of Fake News? Information Literacy Helps, but Other Literacies Don’t. American Behavioral Scientist, 65(2), 371–388. https://doi.org/10.1177/0002764219869 406
Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi Digital pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1), 62–69.
https://doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y201 9.p65-74
Rahmadi, I. F. (2021). Teachers’ Technology Integration and Distance Learning Adoption Amidst the Covid-19 Crisis: A Reflection for the Optimistic Future. Turkish Online Journal of Distance Education - in Press.
Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(1), 91–104.
https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2486
Reginasari, A., & Afiatin, T. (2019). Pengasuhan Digital dan Inkongruensi Pengalaman di Media Sosial antara Remaja dan Orang Tua. Temu Ilmiah Nasional XI Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 71–85.
Ribble, M., & Bailey, G. D. (2007). Digital Citizenship in Schools (1st ed). International Society for Technology in Education.
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–
Setiawan, A., Kusumaningtyas, R. F., & Yudistira, I. B. (2018). Diseminasi Hukum Hak Cipta pada Produk Digital di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 1(01), 53–66. https://doi.org/10.15294/jphi.v1i01.2727 9
Winarso, D., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Diansyah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kehidupan Berkemajuan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.29