PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP DAN SMK PRISMA DEPOK

Authors

  • Sri Rezeki Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNINDRA
  • Bayu Jaya Tama Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNINDRA
  • Rahmawati Yuliyani Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNINDRA

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13521

Keywords:

Teknologi Informasi, software, Matematika, GeoGebra

Abstract

Penggunaan teknologi informasi khususnya penerapan berbasis komputer mampu memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan pembelajaran berbasis komputer, tidak hanya dilihat dari kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan komputer saja dalam pembelajaran, tetapi guru-guru juga dituntut untuk lebih berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Diantaranya, penggunaan aplikasi atau software yang mendukung proses pembelajaran. Salah satu software matematika yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu software GeoGebra. Dimasa pendemi ini penggunaan software GeoGebra sangat membantu guru dalam menyusun materi serta menjelaskan materi kepada siswa. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, tim PKM membantu mitra dengan memberikan pelatihan penggunaan software GeoGebra. Pelatihan ini bertujuan agar para guru SMP dan SMK lebih terampil dalam memanfaatkan media dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilakukan secara demonstrasi, yaitu tim PKM terlebih dahulu memberikan materi tentang software GeoGebra, dan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan  menggunakan software GeoGebra kepada para peserta pelatihan. Dengan demikan, diharapkan guru-guru tersebut dapat memanfaatkan software GeoGebra dalam proses pembelajaran.

References

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas, 299–302.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

Isah Aisah, Betty Subartini, A. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Software Geogebrapada Pembelajaran Matematika Bagi Guru SMK Baabul Kamil Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 666–669.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Hohenwarter, M. 2008. Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. (online). International Congress on Mathematical Education, Mexico 2008.

Kusumah, Y. S. (2003). Desain dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasiskan Teknologi Komputer. Makalah terdapat pada Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. Seminar diselenggarakan oleh FMIPA UPI Bandung.

Mainali & Mary. (2012). Using Dynamic Geometry Software GeoGebra in Developing Countries: A Case Study of Impression of Mathematics Teachers in Nepal. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, April 2012.

Talizaro Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan The Role of Instructional Media to Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Downloads

Published

2021-10-11