MENDUKUNG PROSES PERUBAHAN ORGANISASI DENGAN MELAKUKAN FOCUS GROUP DISCUSSION PADA PERUMD PASAR NIAGA KERTA RAHARJA

Authors

  • Dewi Ulfah Arini Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Wisjnumurti Bambang Permadi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Lioni Indrayani Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Pajar Amin Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13523

Keywords:

Pasar tradisional, reorganisasi, Fokus grup diskusi

Abstract

Pasar tradisional terus menerus berkembang mengikuti kebutuhan dan selera masyarakat akan fasilitas pasar yang semakin tinggi. Dengan berkembangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, ketertiban, keindahan dan kenyamanan dalam gaya hidup, maka ekspektasi masyarakat terhadap sarana dan prasarana pasar pun menjadi berubah sejalan dengan kehidupan dan gaya hidup masyarakat. Manajemen baru Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja bersikap positif terhadap perubahan ekspektasi masyarakat tersebut. Kesadaran akan tuntutan perbaikan sarana prasarana pasar yang perlu juga didukung oleh pengelolaan yang rapi dan profesional, membuat manajemen merasa perlu melakukan perubahan organisasi sebagai pendukung fundamental perubahan sikap dan paradigma dalam melakukan pengelolaan pasar yang lebih baik dan profesional. Dengan kegiatan pengabdian masyarakat dari Tim Dosen Prodi Akuntansi Universitas Pamulang dengan melakukan kegiatan Focus Group Discussion yang diikuti oleh karyawan kunci, diharapkan dapat memberikan pemetaan bagi manajemen dalam melakukan proses reorganisasi dimaksud.

References

A.C.Nielsen. (2007). Kajian Dampak Ekonomi Keberadaan Hypermarket Terhadap ritel/pasar tradisional.

Arifah Fathia, Perkembangan Pasar Tradisional Setelah Maraknya Pasar Modern, 2015, https://www.kompasiana.com/arifahfathia

Dewi Fatmasari, SE, M.Si, 2011, Analisis Eksistensi Pasar Tradisional Ditengah Hegemoni Pasar Modern (Studi Kasus Pada Pasar Karamatmulya Kabupaten Kuningan) https://download.garuda.ristekdikti.go.id/article

Ekapribadi, Wildan. (2007). Pasar Modern: Ancaman bagi Pasar Tradisional. http://bimandiri.wordpress.com/2007/11/ 08/pasar-modern-ancaman-bagi-pasartradisional.

Kotler, Philip. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. Ninth Edition. New York: Prentice-Hall.

Kusdarjito, Cungki. (2009). Menyoal Pasar Tradisional di Perkotaan. http://www.bapeda.pemdadiy.go.id/detail .php/index/

Trisno, Iwan. (2011). Eksistensi Pasar Tradisional di tengah Pesona Pasar Modern. http://litbang.patikab.go.id/index.php?opt ion=com_content&view=article&id=108: eksistensi-pasar-tradisional-ditengahpesona-pasar-modern.

Paesoro, Adri. (2007). Pasar Tradisional di Era Persaingan Global. http://www.Smeru.or.id. diunduh tanggal 7 April 2012 Jam 15:46

Wiboonponse, Aree dan Songsak Sriboonchitta. (2006). Mengamankan Partisipasi Produsen Kecil dalam Sistim Agro-Makanan Nasional dan Regional Yang Terestrukturisasi: Kasus Thailand. Regoverning Markets [online]. http://www.regoverningmarkets .org/read/29/10/2010

_________(2010). Sulit Tata Pasar Tradisional. http://antarajateng.com/detail/index

Published

2021-10-11