STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN POTENSI USAHA UMKM DI PASAR MODERN INTERMODA BSD PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Hamsinah Hamsinah Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sri Utami Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Mokhamad Irving A.S Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Nuristya Agus L. Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sugi Hartoyo Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Tommy Christian Magister Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13528

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari Rabu 23 September 2020 ini dilakukan oleh Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pamulang dengan Pengelola Pasar Modern Intermoda BSD Tangerang bekerjasama dengan PT. Sarana Jakarta Ventura dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM yang ada di pasar modern Intermoda BSD agar mampu bangkit dan mandiri khususnya pada masa pandemi. Adapun metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, dan pemberian materi mengenai strategi manajemen sumber daya manusia yang harus dilakukan oleh UMKM agar dapat survive pada masa pandemic ini, Kesimpulan dari Pengabdian Kepada Mayarakat di Pasar Modern BSD City ini adalah UMKM membutuhkan bantuan pelatihan SDM dan pendampingan agar dapat  bangkit dan mandiri dimasa pandemi ini. Solusi yang diberikan adalah bantuan pelatihan SDM bagi UMKM.

Keywords: Strategi  Manajemen Sumber Daya Manusia; Peningkatan Potensi; UMKM

References

Abidin, A.Z dan Dharma, M.B (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro dan Menengah Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. Pascasarjana Universitas Pamulang ; Prosiding Seminar Ilmiah Nasional “Membangun Pradigma Kehidupan Melalui Multi Disiplin Ilmuâ€.

Alfrian, G.R & Pitaloka, E (2020), Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemi covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif ke-6: Vol 6 No.2 (2020), 130-146.

Fitriyani, I. Sudiyarti, N & Fietroh, M.N (2020) Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, Vol 1 No2, 87-95.

Hardilawati, W.L (2010), Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol 10 No 1, Juni 2020, 89-98.

Pakpahan, A.K (2020). Covid 19 dan Implikasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI), Edisi Khusus, 59-64.

Sahroni, S., Krisyanto, E., Ganar, Y. B., Mukrodi, M., & Dinantara, M. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mempersiapkan Wirausaha-Wirausaha Baru Di Pkbm Nurul Qolbi Kota Bekasi-Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Setyorini, D., Nurhayati, E & Rosmita (2019) Pengaruh transaksi Online (e-commerce) terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 501-509.

Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-Commerce. Panduan Bagi Pemula untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Downloads

Published

2021-10-11