PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PADA YAYASAN INI MEDIA KITA GUNUNG SINDUR BOGOR

Authors

  • Angga Rovita Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Reni Hinriari Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Teguh Yuwono Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Iskandar Zulkarnain Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Nani Nani Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v2i3.13529

Keywords:

Sumber Daya Manusi (SDM)

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan penagarahan mengenai penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru sehingga memperoleh sistem manajemen SDM yang mampu menghasilkan pegawai yang profesional. Adapun metode yang dilakukan berupa penyampian materi dan praktik/penerapannya Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PKM Permasalahan SDM yang berkualitas yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan TPA. Penerapan SDM di TPA sangat diperlukan agar penyiapan SDM yang berkualitas tinggi, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keahlian dan keterampilan mendapatkan peran guru dalam meningkatkan SDM (sumber daya manusia) Indonesia unggul amatlah besar,namun setelah pelaksanaan kegiatan diketahui Kegiatan PKM secara tidak langsung sangat berperan positif dalam menyajikan materi pada KBM (kegiatan belajar mengajar) akan menjadikan peserta didik mudah dan cepat menyerap materi pembelajaran yang disajikan sehingga dapat meningkatkan SDM (sumber daya manusia) guru. Metode kegiatan yang digunakan adalah bekerjasama dengan Guru di Yayasan Ini Media Kita. dan mencari pemasalahan yang ada di tempat tersebut sehingga dapat memberikan solusi yang tepat, serta memotivasi Guru di Yayasan Ini Media Kita. Setelah di analisis maka kami memberikan pelatihan dalam bentuk materi dan praktek dalam mengembangkan kemampuan bagi para guru yang berada di TPA tersebut.

References

Anwar, HM. Idochi dan YH Amir (2001). Administrasi Pendidikan, Teori, Konsep, dan Isu, Program Pascasarjana. UPI

Buchori, Mochtar. (2001). Transformasi Pendidikan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, Cetakan Kedua

Daulat P. Tampubolon. (2011). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke-21. Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Engkoswara. (2001) .Paradigma Manajemen Pendidikan menyongsong otonomi Daerah, Yayasan Amal Keluarga. Bandung, Cetakan Kedua,

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sahroni, S., Krisyanto, E., Ganar, Y. B., Mukrodi, M., & Dinantara, M. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mempersiapkan Wirausaha-Wirausaha Baru Di Pkbm Nurul Qolbi Kota Bekasi-Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-Commerce. Panduan Bagi Pemula untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Sinergitas Akademisi Dan TNI Bersama Tangkal Hoax Dan Black Campaign. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Tahir, Wahid, Abd. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber daya manusia Terhadap peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Uin-Alauddin, VI, 1-14 Tilaar, H.A.R.(2004). Paradigma Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta. Cetakan Kedua,

Downloads

Published

2021-10-11