PEMANFAATAN KREATIFITAS DALAM MENGEMBANGKAN INDUSTRI RUMAH TANGGA SEBAGAI WUJUD PENERAPAN GOOD CITIZENSHIP

Authors

  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang
  • Fery Kurniawan Universitas Pamulang
  • Abdul Razak Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17043

Abstract

Sabun mandi merupakan barang yang mudah ditemukan saat ini. Produksi sabun mandi menghasilkan keuntungan bagi kelompok usaha terkait. Sabun mandi terdiri dari 2 jenis yaitu sabun mandi batang dan sabun mandi cair. Sabun mandi cair saat ini lebih diminati oleh masyarakat karena dianggap lebih higinies dan efisien, namun kondisi tersebut tidak menjadikan sabun batang kehilangan fungsinya. Pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari bunga sabun adalah peluang yang baik untuk iut serta mewarnai dunia seni ke hadapan masyarakat kita. Selain itu, agar menambah khasanah keilmuan seni kerajinan tangan di Indonesia. Khususnya bunga sabun merupakan hasil seni yang memiliki daya tarik yang luar biasa. Dari ragam motif,warna, bentuk dan aroma dari wanginya sabun menjadi nilai tersendiri untuk dijadikan penghias ruangan. Dari ragam motif,warna, bentuk dan aroma dari wanginya sabun menjadi nilai tersendiri untuk dijadikan penghias ruangan. Selain itu, bunga sabunpun sudah mulai dipercaya oleh masyarakat sebagai souvenir yang terlihat eksklusif. Biasanya disajikan pada saat moment-moment tertentu seperti pernikahan,peringatan hari besar dan sebagainya. Peluang usaha pembuatan bunga dari sabun mandi ini cukup besar, namun banyak masyarakat khususnya ibu rumah tangga sulit membuat usaha tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pelatihan. Dalam rangka mengembangkan kreatifitas dan keterampilan maka pelatihan pembuatan sabun mandi menjadi bunga riasan ruangan diberikan kepada ibu-ibu anggota PKK. Diharapkan keterampilan ini bisa digunakan sebagai hoby baru ataupun dapat digunakan menjadi sumber penghasilan usaha industri rumah tangga.

References

Fajar Laksana, Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (Yogayakarta:

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran (Yogyakarta:

Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.

Graha Ilmu, 2008),83

Hanum Ayu Noviani, “PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHA†(Studi Kasus pada Universitas Muhammadiyah Semarang)

Himawat Aryadita 2017 “Apa yang dimaksud dengan prinsip-prinsip sebuah produk†(https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-prinsip-prinsip-sebuah-produk/6664 diakses pada Januari 2021)

Jakarta: Prenhallindo, 2002), 112.

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Ed. Millenium

Purwanto, 2021 “Kerajinan Tangan dari Sabun Mandi Batang Yang Mudah†(https://adev.co.id/kerajinan-sabun-padat-batangan-berbentuk-ikan-hias-dan-bunga/ diakses pada Januari 2021)

Rhenald Kasali, Pemasaran (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998), 53.

Rio Brian. 2017 “Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli dan Bagaimana Membidiknya dengan Benar†(https://www.maxmanroe.com/pengertian-peluang-usaha.html diakses pada januari 2021)

Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DENGAN MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA DI KAMPUNG SENGKOL RT 06/02 KELURAHAN MUNCUL KECAMATAN SETU TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.

Sigit Soehardi, Pemasaran Praktis (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 1992), 32.

Susanto, S., Isnaeni, B., Bachtiar, B., Prastiwi, D. E., & Setiawan, T. (2021). KIAT MEMBENTUK PERATURAN DESA YANG BAIK. PENGABDIAN SOSIAL, 1(1).

Yanto, O., Susanto, S., Wiyono, B., & Bastianon, B. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Peraturan Desa Di Desa Pagedangan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Downloads

Published

2022-01-04