SEKOLAH ADALAH MINIATUR MASA DEPAN ANAK DI YAYASAN INI MEDIA KITA, KP. PONDOK MIRI, DESA RAWAKALONG, KEC. GUNUNG SINDUR, KAB. BOGOR

Authors

  • Agus Sulaiman Anhary Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Siti Alfiah Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Janudin Janudin Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fakung Rahman Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Prihadi Dwianggoro Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17045

Abstract

Pengabdian ini berjudul Sekolah Adalah Miniatur Masa Depan Anak. Tujuan PKM dengan tema tersebut adalah untuk memberikan pemahaman tentang upaya mempersiapkan diri kepada anak didik secara baik, agar dapat memasuki kehidupan yang lebih baik, dengan berbagai spesialisasi lapangan kerja, yang memerlukan pengetahuan, keterampilan dan keahlian kerja yang profesional dalam pendidikan khususnya untuk para pengurus di Yayasan Ini Media Kita (YIMK) di Kp. Pondok Miri, Desa Rawa Kalong, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung, bakti sosial  serta simulasi dan diskusi dengan para guru atau tenaga pendidik di Yayasan Ini Media Kita. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah memberikan gambaran secara umum kepada pengelola yayasan dan para guru untuk memberi pendidikan untuk anak adalah bagaikan menorehkan tinta di atas lembaran kosong. Kalau kita menorehkannya dengan tinta berkualitas jelek, dengan asal-asalan, maka jangan harap akan mendapatkan hasil yang baik. Lain halnya jika kita menorehkannya dengan tinta emas dan dengan penuh kecermatan serta kehati-hatian, Insya’ Allah kita akan mendapat hasil yang memuaskan. Seiring dengan bertambahnya usia dari anak-anak tentunya mereka membutuhkan sarana untuk mengembangkan wawasannya serta pengenal lingkungan lebih luas, oleh karenanya membutuhkan proses pendidikan berlanjut ke lembaga-lembaga pendidikan formal ataupun non formal yang profesional supaya lebih maju secara individu, sosial yang menuju pada pendidikan yang lebih tinggi unggul dengan berbagai pengembangan sekolah. Seiring dengan bertambahnya usia dari anak-anak tentunya mereka membutuhkan sarana untuk mengembangkan wawasannya serta pengenal lingkungan lebih luas, oleh karenanya membutuhkan proses pendidikan berlanjut ke lembaga-lembaga pendidikan formal ataupun non formal. Ini menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk mencari lembaga pendidikan atau sekolah yang baik untuk anak demi masa depan dunia dan akhiratnya.

References

Burhan, N., Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta: BPFE, 2015

Degeng, N.S. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Pustaka Pelaja, 2014.

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hamalik, Oemar. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2003.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran: Komponen MKDK. Cet. VII; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ibrahim, R. & Nana Syaodih S., Perencanaan Pengajaran. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2013.

Lefudin Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka. Jakarta: Depdikbud RI, Dirjen Dikti, 1993.

Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production, 2004.

Pandangan Behavioristik vs Konstruktivistik: Pemecahan Masalah Belajar Abad XXI, dalam C. Asri Budianingsih, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Rusmaini. Kemampuan Dasar Mengajar. http://eprints.unpam.ac.id , 2019.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2015.

Sudjana, Djudju S. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan NonFormal dan Sudjana, Nana. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Cet. V; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2015.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Yanto, O., Susanto, S., Nugroho, A., Santoso, B., & Gueci, R. S. (2020). Sosialisasi Kekayaan Intelektual Guna Menumbuhkembangkan Usaha Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global Pada Revolusi 4.0. Abdi Laksana, 1(2).

Downloads

Published

2022-01-04