PELATIHAN DIGITAL MARKETING (SOSIAL MEDIA) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI DAN STAF MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17051Abstract
Perkembangan teknologi digital marketing saat ini sangat membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produknya salah satunya dengan memanfaatkan social media. Kaplan dan Haenlin (2010) mendifinisikan Media Sosial adalah suatu grup aplikasi berbasis internet yang menggunkan ideologi dan tehnologi Web 2.0, dimana pengguna dapat membuat atau bertukar informasi pada aplikasi tersebut. Beberapa media sosial yang sangat digemari dan memiliki jutaan pengguna di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Blog, dan lainnya. Sosial media memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan jutaan pengguna lainnya (Williams dkk. 2012). Bagi para pemasar hal ini merupakan suatu potensi dan kesempatan yang sangat besar untuk digunakan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran. Sosial media memungkinkan berbagi informasi antara pengguna menjadi lebih mudah (Akrimi dan Khemakem. 2012). Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School (IBS) terletak di Jl Pengasinan Kab. Depok Jawa Barat membekali santri dan karyawan penerimaan santri baru lifeskill tentang pemanfaatan social media untuk kegiatan marketing. Pendampingan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan dan menentukan siapa saja masyarakat yang akan diundang untuk mengikuti seminar. Tahap pelaksanaan, dilakukan dengan memberikan pelatihan dengan menggunakan metode ceramah dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan latihan sebagai bentuk kegiatan. Tahap evaluasi akan dilakukan atas hasil yang telah dicapai oleh peserta pelatihan dengan melakukan kunjungan ke Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School (IBS) terletak di Jl Pengasinan Kab. Depok Jawa Bara untuk mengetahui seberapa dalarn pemahaman masyarakat tentang materi yang telah disampaikan dalam pelatihan. Target utama Pengabdian Kepada Masyarakat oleh dosen UNPAM adalah perubahan sikap dari para sasaran. Perubahan sikap yang diharapkan dari program ini adalah meningkatnya pemahaman digital marketing khususnya sosil menia untuk kegiatan marketing, sedangkan untuk sasaran yaitu santri santri dan sebagaian karyawan bagian penerimaan siswa baru.
References
Achmad, Ghozali,. 2015. Membentuk dan Mengembangkan Sikap Kewirausahaan Siswa,. Jakarta: Kresna Buna Insan Prima.
Darusman, Y. M., & Benazir, D. M. (2021). Penyuluhan Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial Di Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 68-74.
Darusman, Y. M., Bastianon, B., Susanto, S., Benazir, D. M., & Setiawan, T. (2021). Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 173-179.
Departemen Agama Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam,2005, Pedoman Integrasi pendidikan Life Skills Dalam Pembelajaran, (Jakarta: Departemen Agama RI) hlm : 5 &11
Desmita,2016, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm185-186
Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.
Farida Hanun, 2018, Peningkatan Kemandirian Santri Melalui Penyelenggaraan Life Skill Di Pesantren (Yogyakarta: CV Budi Utama) hlm 3-5
Ganar, Y. B., Sahroni, S., Zulfitra, Z., Apriansyah, M., & Susanto, S. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Wisata Goa Gudawang. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 83-87.
Kasmir. 2016. Kewirausahaan,. Jakarta: Raja Grafindop Persada
Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539
Rofiq A, dkk, Pemberdayaan Pesantren Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005) hlm 9-10
Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Kampung Sengkol Rt 06/02 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.
Sudrajat Rasyid.2005.Kewirausahaan Santri, Jakarta: PT. Citrayudha,h. 8-9.
Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.
Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).