BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL

Authors

  • Sulfi Purnamasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang
  • Fika Rahmanita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang
  • Soffi Soffiatun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang
  • Wiwit Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang
  • Fiqoh Afriliani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17052

Abstract

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah guru perlu menerapkan media pembelajaran yang bervariasi dan interaktif berbentuk game atau permainan pada teknologi seperti smartphone ataupun laptop.Untuk menciptakan pembelajaran yang menarik terdapat beberapa media pembelajaran yang bisa digunakan, salah satunya adalah game online Wordwall. Harapannya siswa dapat menikmati proses pembelajaran yang lebih terbuka dan percaya diri sehingga pemahaman serta keterampilan siswa menjadi lebih baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan solusi dalam meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis game online Wordwall sebagai sebagai bentuk implementasi dari perkembangan teknologi pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode sosialisasi dan praktek membuat soal pembelajaran berbentuk games. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa sebagian besar guru sudah dapat menggunakan aplikasi Wordwall melalui praktek langsung.  Sebagian besar peserta juga sudah memahami mengenai manfaat penggunaan aplikasi Wordwall dalam kegiatan pembelajaran.

References

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3689-3696.

Halik, Irham. Membuat Games Edukasi dengan Wordwall (https://irhamhalik.com/membuat-games-edukasi-dengan-wordwall/ diakses pada 28 Sept

Nurhamida, N., & Putri, F. M. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Muatan PKN Pada Materi Hak Dan Kewajiban Terhadap Tumbuhan Kelas 4 Di SDN 16 Gunung Tuleh Pasaman Barat Sumatera Barat. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1249-1255).

Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2).

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854-2860.

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sanaky. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania, 2009.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.

Sherianto, Wordwall, Aplikasi Bermain Sambil Belajar, (http://www.cocokpedia.net/2020/07/wordwall-aplikasi-bermainsambil-belajar.html, diakses pada 28 September 2020 pukul 21.39)

Supendi, Pepen dkk. 2007. Fun Game (Jakarta: Penebar Plus). Hlm 8

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68-83.

Downloads

Published

2022-01-04