PENDAMPINGAN MAHASISWA DAN PARA PENDIDIK UNTUK MENDAPATKAN BEASISWA LUAR NEGERI OLEH PENERIMA BEASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17058Abstract
Dalam menghadapi iklim persaingan yang semakin ketat dan daya saing yang semakin tinggi di masa mendatang, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan suatu keniscayaan. Sejalan dengan hal tersebut, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pendidikan. Namun karena biaya pendidikan di Indonesia masih cukup tinggi, terutama untuk pendidikan di tingkat perguruan tinggi, masih banyak generasi bangsa yang mengalami kendala dalam mendapatkan pendidikan ini. Terkadang mereka tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan segala keterbatasan yang ada. Dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, kami dosen Universitas Pamulang mencoba merespon dengan menggulirkan ide-ide kecil melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu tugas pokok dosen sebagaimana tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan webinar bagi para pemburu beasiswa yang akan diadakan untuk umum dengan tema How to Get Fully Funded Scholarship. Webinar ini menghadirkan beberapa pembicara yang berkompeten, karena mereka merupakan penerima beasiswa di universitas-universitas di Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Ada dua tujuan yang telah dirintis dari diadakannya webinar ini. Yang pertama adalah untuk memudahkan para pemburu beasiswa dalam mendapatkan informasi dan bantuan terkait tips dan cara mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri. Yang kedua adalah penggalangan dana.
References
Aliyyah, R. R., Rosyidi, U., & Yazid, R. (2019, March). An Evaluative Study of an Education Scholarship Program (BidikMisi) for Students in Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012171). IOP Publishing.
Adjibolosoo, S. (2017). A Human Factor-Based Education for Citizenship, Democratic Governance, and Nation Building. Review of Human Factor Studies, 23(1).
Bappenas Working Papers. (2019). Catatan Editor: Tantangan Masa Depan dan Visi Indonesia 2045.
Beech, S. E. (2014). Why place matters: Imaginative geography and international student mobility. Area, 46(2), 170-177.
Beech, S. E. (2015). International student mobility: The role of social networks. Social & Cultural Geography, 16(3), 332-350.
Bettie, M. (2019). Exchange diplomacy: theory, policy and practice in the Fulbright program. Place Branding and Public Diplomacy, 1-12.
Campbell, A. C. (2017). How international scholarship recipients perceive their contributions to the development of their home countries: Findings from a comparative study of Georgia and Moldova. International Journal of Educational Development, 55, 56-62.
Desrochers, D. M., & Kirshstein, R. (2014). Labor Intensive or Labor Expensive? Changing Staffing and Compensation Patterns in Higher Education. Issue Brief. Delta Cost Project at American Institutes for Research.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.
Eddy, P. L. (2014). Faculty as border crossers: A study of Fulbright faculty. New Directions for Higher Education, 2014(165), 19-30.
Emmerson, D. K. (2014). Facts, Minds, and Formats: Scholarship and Political Change in Indonesia. In Producing Indonesia. Cornell University Press.
Epon, N. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea 9 (1).
Hall, T., Gray, T., Downey, G., Sheringham, C., Jones, B., Power, A., & Truong, S. (2016). Jafari and Transformation: A model to enhance short-term overseas study tours. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 27, 33-46.
Harahap, E. S., Maipita, I., & Rahmadana, M. F. (2020). Determinant analysis of education inequalities in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1067-1082.
Mawer, M. (2017). Approaches to analyzing the outcomes of international scholarship programs for higher education. Journal of Studies in International Education, 21(3), 230-245.
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2021). Educational design research: portraying, conducting, and enhancing productive scholarship. Medical Education, 55(1), 82-92.
Meutia (2021). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Workshop Pelatihan PEKERTI, Serang, 4-9 Mei 2021.
Ngwenya, B. (2013). Decision support systems: An e-government strategy to enhance human resources output in public sector organisations. In Developing e-government projects: Frameworks and methodologies (pp. 44-62). IGI Global.
Perna, L. W., Orosz, K., Gopaul, B., Jumakulov, Z., Ashirbekov, A., & Kishkentayeva, M. (2014). Promoting human capital development: A typology of international scholarship programs in higher education. Educational Researcher, 43(2), 63-73.
Qi, H., & Li, F. (2020). Understanding the Study Experience of Chinese Tourism Doctoral Students Studying Overseas. Journal of China Tourism Research, 1-19.
Renwick, D. W., Redman, T., & Maguire, S. (2013). Green human resource management: A review and research agenda. International journal of management reviews, 15(1), 1-14.
Shu, M., & Scott, N. (2014). Influence of social media on Chinese students’ choice of an overseas study destination: An information adoption model perspective. Journal of Travel & Tourism Marketing, 31(2), 286-302.
Syahputra, I. (2018). New media, new relations: Cyberstalking on social media in the interaction of Muslim scholars and the public in West Sumatra, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(1).