PENERAPAN STORY TELLING UNTUK MENANAMKAN NILAI KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Sukma Septian Nasution Universitas Pamulang
  • Purwanti Taman Universitas Pamulang
  • Tutut Sumartini Universitas Pamulang
  • Tito Dimas Atmawijaya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17061

Abstract

Derasnya arus globalisasi dipicu oleh lingkungan dengan aktifitas yang sangat padat bisa memicu anak- anak kehilangan kesempatan untuk mengenal nilai-nilai kearifan lokal. Kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal melalui teknik bercerita bagi peserta didik Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong Jembatan Ciputat. Kegiatan pengabdian ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan literasi berbahasa Inggris. Sasaran pengabdian ini adalah 52 anak anak yang tinggal di sekitar kolong jembatan tersebut. Cerita rakyat yang diangkat adalah Asal-Usul Cikaputrian dan Asal-Usul Gunung Pinang yang sarat akan nilai-nilai kemanusiaan. Selain kegiatan bercerita, kegiatan lainnya seperti berdiskusi, permainan dan hiburan edukatif diberikan untuk memberikan wawasan bagi peserta dalam situasi yang menyenangkan. Melalui teknik bercerita, para peserta memiliki pengalaman kegiatan yang menarik dan berguna dalam membentuk karakter yang positif seperti menghormati orang tua, peduli terhadap sesama masyarakat, dan memiliki akhlak yang terpuji sesuai dengan nilai moral yang ada dalam cerita.

References

Afiqoh, Novianan, Hamdan Tri Atmaja, and Ufi Saraswati. "Penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan perkembangan Islam di Indonesia pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan tahun ajaran 2017/2018." Indonesian journal of history education 6, no. 1 (2018): 42-53.

Firdausia, Tyas Anggun, Filia Prima Artharina, and Muhammad Arief Budiman. "Implementasi Model Paired Story Telling Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Ketrampilan Bercerita Siswa Kelas IV Tema Kayanya Negeriku SDN 4 Damarjati Kalinyamatan Jepara." DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah 2, no. 1 (2021): 138-142.

Gunarti, Winda, Lilis Suryani, and Azizah Muis. "Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini." Jakarta: Universitas Terbuka (2008).

Hani, Umi, Ratu Prayuana, Haryati Haryati, Diyah Iis Andriani, and Rahmita Egilistiani. "I Am Healthy (Increasing The Awareness Of Staying Healthy For Young Children) At Taman Bacaan Kolong Jembatan Ciputat." DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2020): 1-19.

Devi, Ms Ritika. "SITUATING STORY TELLING IN SOCIAL SCIENCE CLASSROOM."

Herreid, Clyde Freeman, ed. Start with a story: The case study method of teaching college science. NSTA press, 2007.

Jayanti, Ni Kadek Eka, Ketut Pudjawan, Luh Ayu Tirtayani, and S. Psi. "PENERAPAN CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MORAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD WIDYA LAKSMI." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 4, no. 2 (2016).

MacDonald, M. R. (2013). Traditional storytelling today: An international sourcebook. Routledge.

Rahayu, Selviana Teras Widy. "Pemberian Pemahaman Fungsi Pohon bagi Ekosistem untuk Peserta TBM Kolong Jalan Layang Ciputat." Acitya Bhakti 1, no. 1 (2021): 52-61.

Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. "Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 153-160.

Rosenberg, Bruce A. "The complexity of oral tradition." (1987).

Indonesia, Presiden Republik. "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional." (2003).

Yusa, I. Made Marthana, and I. Nyoman Jayanegara. "Pengembangan aplikasi penyampaian kearifan lokal melalui cerita rakyat Bali untuk anak sekolah dasar berbasis mobile." Jurnal S@ cies Vol 5 No 1 5 (2014).

Downloads

Published

2022-01-04