PENANAMAN NILAI KARAKTER BAGI MASYARAKAT DESA KURIPAN-CISEENG-BOGOR

Authors

  • Lili Nurlaili PPKn , FPIPS, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17063

Abstract

Memasuki pergaulan global yang penuh dengan kompetisi, maka masyarakat di sekitar Desa Kuripan juga menyiapkan  nilai-nilai karakter pada anak-anak dan lingkungannya agar mampu bersaing dengan baik dengan dunia luar dengan memiliki akhlakul karimah/adab Islami, kemandirian, kecerdasan, juga  tentunya kreativitas dan inovasi sesuai dengan tumbuh kembangnya. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kuripan, Ciseeng – Bogor adalah untuk peduli terhadap kebutuhan masyarakat terutama di desa binaan untuk membantu mereka  mencapai kehidupan yang lebih baik, makmur dan sejahtera  dan memberi pemahaman  tentang nilai karakter yang harus dimiliki anggota PKK dan Kader Posyandu di Desa Kuripan. Adapun nilai karakter yang akan ditanamkan adalah nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Metode yang digunakan  yaitu ceramah bervariasi, dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan yaitu pemahaman ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu terhadap nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan pada anak-anak mereka. Perlu dilakukan pendampingan menyeluruh pada Desa Kuripan dalam melaksanakan penanaman nilai karakter tersebut.

References

Adisusilo, Sutarjo, 2013, Pembelajaran Nilai-Karakter, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Azizah, Nur. 2015.“Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Waleri Kendal Tahun Pelajaran 2015-2016â€, Skripsi Fakultas

A.Doni, Koesoema.2010. “Pendidikan Karakter;Strategi Mendidik Anak di Zaman Globalâ€.Jakarta: Grasindo.

Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. 2010.

Damayanti Deni.2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Jogjakarta : Araska

Emosda, 2011, Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran dalam Menyiapkan Karakter Bangsa, Innovatio; Journal For Religius Innovation Studies, Pasca Sarjana IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Volume X, No. 1, hlm. 155

Fuad, Nurhatta, 2014, Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat (Konsep dan Strategi Implementasi), PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Gunawan, Heri, 2012, Pendidikan Karakter “Konsep dan Implementas, Bandung: Alfabeta.

Jalil, Abdul, 2012, Karakter Pendidikan Untuk Membentuk pendidikan karakter, Nadwa; Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, Volume 6, Nomor, 2, hlm. 246.

Kemendiknas.2010. “Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertamaâ€.Jakarta

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019, Konsep dan Penguatan Penguatan Pendidikan Karakter. Tim PPK Kemdibud

Majid, Abdul dan Andayani, Dian, 2012, “Pendidikan Karakter Prespektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-01-04