PELATIHAN MS OFFICE DAN PEMBUATAN GOOGLE FORM SEBAGAI SALAH SATU INOVASI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN BAHRUL HADI ARRAHMANI PONDOK PETIR– DEPOK

Authors

  • Indra Kristianto Universitas Pamulang
  • Abdullah Muhajir Universitas Pamulang
  • Ahmad Ahmad Universitas Pamulang
  • Bram Purnomo Universitas Pamulang
  • Muhamad Santoso Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17064

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang merupakan hasil buah karya bangsa Indonesia. Pendidikan pondok pesantren Bahrul Hadi Arrahmani  bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan al-Quran dan hadits. terdapat pembentukan karakter pada santri sendiri. Peserta didik tidak hanya dididik melalui transfer of knowlege tetapi juga transfer of value. Pondok pesantren harus mewujudkan system 4 pendidikan yang sinergik, yakni system pendidikan yang memadukan akar tradisi dan modernitas. Dunia pendidikan saat ini khususnya jenjang sekolah seluruhnya mulai beradaptasi dengan era teknologi dan rata-rata pengerjaan tugas menggunakan Ms. Office dan Google form.Kemampuan menggunakan Ms. Office dan google form saat ini berfungsi sebagai standarisasi seseorang dalam menggunakan komputer, karena hampir semua hal dalam pembuatan laporan atau pekerjaan kantor menggunakan Ms. Office dan google form. Maka kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang pemanfaatan Microsoft Word, Excell,  serta Google form untuk mengerjakan tugas serta melatih dan mengajarkan siswa dalam penggunaan Ms. Office dan Google form.

References

Abdul Aziz, 2013, Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: AlfabetaQomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2007.

Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP HA Johansyah. A Banjarmasin.

Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang Volume: 2 Nomor: 2p-ISSN: 2716-4780 e-ISSN: 2721-6144 Adam Muiz1*, Sri Rama Putri, Dede Sunandar, Nurhayati, Raditia Vindua

Jogjaweb.co.id/blog/sejarah-dan-cara-membuat-google-forms

Downloads

Published

2022-01-04