PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DALAM PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS DI DESA JAGABAYA, KECAMATAN WARUNGGUUNUNG, KABUPATEN LEBAK

Authors

  • Dwi Kusumo Wardani Universitas Pamulang
  • Siti Chadijah Universitas Pamulang
  • Selvy Dwi Widiyanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17078

Abstract

Pemberdayaan dimaknai sebagai proses menuju berdaya, jadi pihak yang kurang/tidak berdaya diberi kemampuan agar lebih berdaya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan masyarakat disabilitas dalam hal kemandirian, kesejahteraan, kekuatan dibidang sumber daya manusianya serta nilai tambah dibidang sosial dan ekonomi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan keterampilan menjahit, pelatihan motivasi dan skill manajerial kewirausahaan, dan pelatihan pemanfaatan media TIK untuk pemasaran produk. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan masyarakat disabilitas di Desa Jagabaya bisa mengasah kemampuan dan kreatifitasnya untuk taraf hidup yang lebih baik.

References

Astuti, Mulia, dkk, (2015), Efektivitas Pelayanan Panti Sosial Penyandang Disabilitas Tubuh, Pusat penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Badan Pendidikan dan penelitian Kesejahteraan Sosial, Jakarta.

Edi Suharto, (2005)Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, PT Refika Aditama, Bandung.

Nursyamsi, Fajri, dkk, (2015), Kerangka Hukum Disabilitas di Indonesia : Menuju Indonesia Ramah DIsabilitas, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia, Jakarta.

Tjokrowinoto, Moeljarto, (1994), Politik Pembangunan, Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi, Tiara Wacana, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, dkk, (2016), Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e -Marketing, Jakarta.

Yatim, Reza Triyuli, (2018), Strategi Komunikasi Pemasraan Melalui Permberdayaan Penyandang Disabilitas Cafe Mella House Of Donuts, Skripsi : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar

Miftachul, Huda, (2009), Pekerjaan Sosial Sebuah Pengantar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Munawir Yusuf, Pendidikan Tuna Netra Dewasa dan Pembinaan karir, (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik)

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Peraturan Pemerintah Nomor Nomor 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Memberikan Peluang yang Lebih Baik Bagi Penyandang Disabilitas Untuk memulai Usaha Sendiri : https://www.ilo.org/jakarta/info/public/ , diakses pada tanggal 27 Oktober 2020.

Downloads

Published

2022-01-04