IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI POTENSI PESERTA DIDIK DI SD SWASTA TERPADU BINA ILMU PARUNG

Authors

  • Arif Hidayat Universitas Pamulang
  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang
  • Abd. Chaidir Marasabessy Universitas Pamulang
  • Endang Prastini Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17080

Abstract

Visi dan misi sekolah jangan hanya mengarah pada pencapaian pengetahuan (intelektual) siswa saja, melainkan harus diarahkan untuk penanaman pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mitra tentang pentingnya pendidikan karakter melalui potensi peserta didik. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode penyuluhan dan tanya jawab. Kesimpulan bahwa melalui kegiatan pengabdian ini para peserta mampu memahami tentang pengintegrasian pendidikan karakater dalam proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa jumlah guru yang memberikan penilaian pada skala 3 (puas) sebanyak 3 guru, dan pada skala 4 (sangat puas) sebanyak 16 guru. Sedangkan penilaian pada skala 3 (puas) dari siswa sebanyak 5 siswa, dan pada skala 4 (sangat puas) sebanyak 35 siswa. Hal ini berarti bahwa dari ke-tujuh indikator (pernyataan) kuesioner yang diisi oleh peserta menyatakan puas dan sangat puas dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh tim pengabdian, sehingga dapat dikatakan 100 persen peserta merasa puas dengan kegiatan pengabdian yang dilakukan.

References

Dali, Gulo. (1982). Psikologi Umum. Jakarta: Erlangga

Doni, Koesoema (2011). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global . Rev.ed. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Echols, John M dan Shadily, Hassan. (1995). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Irianto, Yoyon. B (2013). Membangun Pendidikan Berbasis Lokal Bertaraf Universal. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._administrasi_pendidikan/196210011991021yoyon_bahtiar_irianto/membangun_pendidikan_berbasis_lokal_bertaraf_universaL.pdf

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respectand Responsibility. NewYork, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Marasabessy, Chaidir. A. (2012). Pendidikan Karakter Sebagai Solusi Degradasi Keberadaban. Jurnal Wahana Pendidikan. Vol. 1, Cet.1. Mei 2012. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Bumi Hijrah Malut.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Cet.I. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas

Purbowati, Deni. (2020). Pendidikan Karakter: Pengertian, Nilai, dan Implementasinya. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pendidikan-karakter-pengertian-nilai-dan-implementasinya

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter: Sebuah Pendekatan Nilai. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2016. https://media.neliti.com/media/publications/235693-pendidikan-karakter-sebuah pendekatan-ni-71618df5.pdf.

Winaryati, Eny. (2014). Buku Ajar: Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa. http://repository.unimus.ac.id/3617/1/cover%2C%20dll.pdf

Downloads

Published

2022-01-04