PENYULUHAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI YAYASAN MANARUL ICHSAN

Authors

  • Muhamad Faozan Afandi Universitas Pamulang
  • Devi Fitria Wilandari Universitas Pamulang
  • Ernawati Suwarno Universitas Pamulang
  • Shela Indah Savitri Universitas Pamulang
  • Indra Januar Rukmana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17085

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu adalah untuk meningkatkan keterampilan berfikir para remaja di Yayasan Panti Asuhan Manarul Ichsan dalam penyuluhan peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19.Metode dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah curah pendapat dan diskusi. Teknik dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah kerja kelompok dengan jumlah peserta 25 (duapuluh lima) orang remaja peserta didik di Yayasan Panti Asuhan Manarul Ichsan. Adapun luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa publikasi artikel pada media massa cetak dan online dan satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui Jurnal PKM Universitas Pamulang, serta peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para remaja peserta didik di Yayasan Panti Asuhan Manarul Ichsan tentang penyuluhan peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19.

References

Anissa Windarti. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia,†t.t.

Anissa Windarti, Zaharah, Galia Ildusovna Kirilova. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia.†2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.

Budi Sulaeman, dkk. “Intervensi Self Regulation Empowerment Program Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Non Reguler di Jurusan X Universitas X.†Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 1, no. 2 (Oktober 2017): 519–28.

Emda, Amna. “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.†Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 172–182.

Gowing, Marilyn K. “Measurement of Individual Emotional Competence†dalam Daniel Goleman, Cary Cherniss (ed.). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. (Fransisco: Jossey-Bass, 2001)

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. “Kebijakan ‘Social’ dan ‘Physical Distancing’ Harus Libatkan Tokoh Sampai RT/RW.†Diakses 22 April 2020. https://setkab.go.id/kebijakan-social-dan-physical-distancing-harus-libatkan-tokoh- sampai-rt-rw/.

Miftahun Ni’mah Suseno. Statistika : Teori dan Aplikasi Untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. 2012. Yogyakarta: Ash-Shaff, t.t. “Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning Pada Perguruan Tinggi,†t.t.

Nurhayati, Nurhasanah, Dahliana. “Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa Mandiri di SMPN 10 Banda Aceh.†Universitas Syiah Kuala 1, no. 2 (2016): 73–79.

Peter Salim, dan Yenny Salim. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English, 1991.

Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012. Santrock, John W. “Perkembangan Pendidikan.†Jakarta: Erlangga, 2003.

Downloads

Published

2022-01-04