MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA LITERASI ANAK DI YAYASAN PONDOK PESANTREN YATIM PIATU & DHUAFA BAHRUL ULUM

Authors

  • Yasir Mubarok Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
  • Tri Pujiati Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
  • Suyatno Suyatno Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
  • Dewi Yanti Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
  • Yuli Iskandari Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17086

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk membantu misi Yayasan Pondok Pesantren Yatim Piatu & Dhuafa Bahrul Ulum dalam menyelengarakan pelatihan peningkatan keterampilan dalam bidang literasi dasar. Sedangkan, secara spesial tujuan aktivitas pengabdian pada warga ini ialah menyokong Yayasan Pondok Pesantren Yatim Piatu & Dhuafa Bahrul Ulum dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didiknya dalam dunia literasi. Selain itu, memberikan penyuluhan soft skill kepada para peserta untuk meningkatkan kemampuan literasi antara lain membaca, menulis, menyimak dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan melalui virtual dengan peserta dari Yayasan Pondok Pesantren Yatim Piatu & Dhuafa Bahrul Ulum. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2021 dan dimulai pukul 09.00-12.00 WIB. Hasil dari kegiatan ini memberikan kesimpulan bahwa para peserta sangat tertarik dengan solusi untuk menumbuhkembangkan budaya literasi. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta dengan menyoalkan perihal yang berkaitan dengan materi yang dituturkan. Harapan dari adanya kegiatan PKM ini adalah adanya peningkatan kemampuan khususnya pada literasi para peserta dan agar bangsa ini bisa mengejar ketertinggalan pada literasi.

References

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).

Arifin, A. (2016). Rekonseptualisasi Literasi Sebagai Praktik Individu dan Sosial. Seminar Nasional “Pendidikan Literasi, Karakter, Dan Kearifan Lokal: STKIP PGRI Ponorogo., 285–290.

Aztry, A. (2017). Upaya Menumbuhkembangkan Budaya Literasi melalui Rumah Baca Taqwa. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 485–490.

Baharuddin, B. (2017). Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 21-40.

Lestari, P. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Siswa Melalui Budaya. Literasi. Universitas Sarjana Wiyata, 9(1), 543–554.

Mu’awwanah, U. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. ACIECE, 3, 317-330.

Rahayu, D. (2019). Menumbuhkembangkan Budaya Melek Literasi Digital bagi Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK) I 2019., 40–44.

Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96-102.

RS, P. H. (2017). Menumbuh Kembangkan Budaya Literasi pada Anak Pemulung di Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164.

Tunardi, T. (2018). Memaknai peran perpustakaan dan pustakawan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi. Media Pustakawan, 25(3), 68–79.

Wahidin, U., Islam, Y. M., & Fadillah, P. (2017). Literasi Keberagamaan Anak Keluarga Marjinal Binaan Komunitas di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12), 125–135.

Wahyuni, S. (2009). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189.

Widodo, R. S. (2017). Membangun Budaya Literasi dalam Masyarakat di Dataran Tinggi Tanah Gayo. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Yanto, A., Lusiana, E., & CMS, S. (2018). Peningkatan Kapasitas Penggerak Komunitas Literasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 820-823.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Published

2022-01-04