IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM PAMULANG ESTATE

Authors

  • Syamsul Mu'arif Universitas Pamulang
  • Yulianto Yulianto Universitas Pamulang
  • Lyandra Aisyah Margie Universitas Pamulang
  • Afridayani Afridayani Universitas Pamulang
  • Lindawati Lindawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20302

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkait dengan digital marketing. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat ini keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan cara sharing seasion dalam bentuk webinar dan juga pendampingan lapangan guna mendapatkan jalan keluar atas permasalahan yang dihadapi pelaku usaha UMKM. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini berupa sosialisasi pembuatan market place, desain kemasan produk serta pemanfaatan sosial media untuk pemasaran produk secara digital. Ilmu yang didapatkan pada Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi dosen dalam upaya mengembangkan diri memberikan pengarahan, penyampaian materi dan motivasi serta berkontribusi bagi perkembangan dunia usaha khususnya sektor UMKM baik di sekitar lingkungan kampus maupun secara nasional.

Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM

References

Anggraeni, R. D. (2019). Acep Heri Rizal,‘Pelaksanaan Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce) Ditinjau Dari Aspek Hukum Perdataan’. Salam Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6, 45-58.

Darusman, Y. M., Susanto, S., Wiyono, B., Iqbal, M., & Bastianon, B. (2021). BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN PERATURAN DESA DI DESA KAWUNGLARANG, KECAMATAN RANCAH, KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 125-129.

Fadhilah, Dian Azmi dan Pratiwi, Tami. 2021. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition, Vol XII, Nomor 1, Maret 2021, 17 – 22 | E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Febriyantoro, Mohamad Trio dan Debby Arisandi. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Vol. 1 No. 2, Desember 2018, 62 – 76

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Maddinsyah, A. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 424-429.

Pramawati, I. D. A. A. T., Putri, K. M. D., & Mulyawan, I. P. A. 2020. Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 263–275 | e-ISSN : 2599-1426, p-ISSN : 2599-1418

Ridwan, Iwan Muhammad, Abdurahman Fauzi, Isah Aisyah, Susilawati, dan Iwan Sofyan. 2019. Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE†Bandung. Jurnal ABDIMAS BSI Vol. 2 No. 1 Februari 2019, Hal. 137-142 | E-ISSN : 2614-6711

Rivani, Anang Muftiadi, dan Healthy Nirmalasari. 2021. IMPLEMENTASI PROGRAM DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19. Kumawula, Vol. 4, No.2, Agustus 2021, Hal 353 – 358

Susanto, S., Darusman, Y. M., Bachtiar, B., Gueci, R. S., & Santoso, B. (2021). MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL RAMAH HUKUM. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 2(1), 72-78.

Susanto, S., Duddy Dinantara, M., Sutoro, M., & Iqbal, M. (2019). Pengantar Hukum Bisnis.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING (SOSIAL MEDIA) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI DAN STAF MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DEPOK. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Veritia, V., Lubis, I., Priatna, I. A., & Susanto, S. (2019). Teori Ekonomi Makro.

Yulianto, Y., MuArif, S., Cahyani, Y., & Muanifah, S. (2020). IMPLEMENTASI PRINSIP 7P BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMZET UKM PADA MASA PANDEMI COVID 19. DEDIKASI PKM, 2(1), 87-93.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2022-05-09