SOSIALISASI KESADARAN POLITIK MASYARAKAT DI DESA KURIPAN CISEENG KAB BOGOR

Authors

  • Yulita Pujilestari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Eti Hayati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang
  • Widia Setyaningrum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20307

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dengan judul Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogorâ€, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan dan memberikan ilmu pada masyarakat seputar Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogor. Metode yang digunakan  adalah berbentuk penyuluhan dengan memberikan Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogor, penyuluhan ini juga menggunakan diskusi tanya jawab peserta penyuluhan kepada narasumber seputar permasalahan yang dialami. Hasil yang didapat pengabdian kepada masyarakat ini adanya peningkatan pemahaman masyarakat sebesar 78% memahami tentang Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogor. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias untuk berdiskusi tentang masalah anak mereka yang terkait dengan tehnologi. Selama ini masyarakat belum mendapatkan pelatihan mengenai hal tersebut sehingga kegiatan pengabdian ini sangat penting dalam memberikan Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogor. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini diharap bisa dilakukan secara berkelanjutan khususnya memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pemahaman Sosialisasi Kesadaran Politik Masyarakat Di  Desa Kuripan Ciseeng Kab Bogor.

Kata kunci: Sosialisasi,Kesadaran, Politik

References

Achjar Chalil dan Hudaya Latuconsina, Pembelajaran Berbasis Fitrah, (Jakarta : PT. Balai Pustaka, 2008)

Arofa, E., Bachtiar, B., Susanto, S., Santoso, B., & Wiyono, B. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Peraturan Desa. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Darusman, Y. M. (2012). Sistem Parlemen Threshold (Ambang Batas) Tantangan Atau Ancaman Dalam Perkembangan Demokrasi Indonesia. Jurnal Surya Kencana Satu (Dinamika Masalah Hukum & Keadilan), 2(2), 1-23.

Darusman, Y. M., Susanto, S., Anggraeni, R. D., Gueci, R. S., & Yanto, O. (2019). Penyuluhan Peraturan Perundang-Undangan Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2019 (Studi Kasus pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) Kementerian Hukum dan HAM RI, Depok, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Eveline Siregar, Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2014)

Jazim Hamidi dan Mustafa Lutfi, Civic Education : Antara Realitas Politik dan Implementasi Hukumnya, (Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Miriam Budiardjo, Dasar-Dasar ilmu Politik, (Jakarta : PT. Gramedia Pustaka utama, 2008)

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung : Sinar Baru, 1991)

Sabri Ahmad, Isu-isu dalam pendidikan matematik, (Kuala Lumpur : Utusan Publication & Distributors Sdn Bhd, 2006)

Sahputra, D., Yanto, O., & Susanto, S. (2020). Kebijakan Formulasi Tindak Pidana Ujaran Kebencian Yang Disebarkan Oleh Buzzer Dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana. Jurnal Lex Specialis, 1(2).

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan praktis, (Yogyakarta : Deepublish, 2014)

Samsuri, Pendidikan Karakter Warga Negara, (Yogyakarta : Dinandra Pustaka Indonesia, 2011)

Somantri, Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, (Bandung : Rosda Karya, 2001)

Susanto, M. I. (2019). Kedudukan Hukum People Power dan Relevansinya dengan Hak Kebebasan Berpendapat di Indonesia. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum dan Konstitusi, 2(2), 225-237.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Tim ICCE. 2003. Civiv Education : Democrasi, HAM dan Masyarakat Madani, ICCE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan The Acia Foundation.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama, 2007)

Winarno, Pembelajaran Pendidikan PKN :Isi, Strategi dan Penilaian, (Jakarta : Bumi Aksara, 2013)

Winataputra dan Budimansyah, Civic Education, (Bandung : Program Pascasarjana UPI, 2007)

Yusufhadi Miarso, Menyemahi Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta : Prenada Media, 2004)

Downloads

Published

2022-05-09