MENINGKATKAN KETERAMPILAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN DAN PERPAJAKANNYA UNTUK PENGEMBANGAN DAN KEBERLANJUTAN USAHA

Authors

  • Sapta Setia Darma Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Zulva Sudarti Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20321

Abstract

PKM (pengabdian kepada masyarakat) semester gasal tahun akademik 2021/2022 ditujukan pada para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan, Banten dan di Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat. Masyarakat dalam berwirausaha relatif kurang memperhatikan aspek keuangan yang baik, penatausahaan (pencatatan atau pengadministrasian keuangan) yang berperan penting dalam keberlangsungan usaha serta perkembangan aktifitas wirausahanya. Kami melihat bahwa kurang berkembangnya kegiatan usaha yang dijalani warga disebabkan diantaranyakekurangpahaman atau keengganan warga bersentuhan dengan lembaga keuangan (d/h perbankan), padahal sebetulnya para pengusaha UMKM ini sangat membutuhkan pelayanan yang disediakan oleh pihak perbankan terutama dalam rangka memanfaatkanfasilitas kredit atau pengajuan dana pinjaman yang disediakan, yang dalam hal ini salah satu persyaratannya adalah adanya penatausahaan/administrasi keuangan atau pembukuannya yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Pengabdian Kepada Masyarakat ini memfokuskan pada pemberian pengetahuan dan keterampilan dibidang aspek keuangan yang baik, penatausahaan (pencatatan atau pengadministrasian keuangan) sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengadministrasikan serta mengelola kegiatan keuangannya dengan melakukan pencatatan atau pembukuan aktifitas keuangan dalam rangka usahanya.

Kata Kunci: Wira Usaha, UMKM, Pencatatan, Administrasi, Keuangan, Pengabdian Kepada Masyarakat

References

Bank Indonesia, (2015). Modul Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usahan Bukan Badan Hukum, Jakarta

Bank Indonesia, Jakarta, 2016. SI APIK (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan Usaha MIkro dan Kecil,

Darma, S.S., Djohar, C., Wenten, I.K., Raphael, A. (2020). Knowledge of Finance, Bookkeeping &Taxation Improved The Quality of Life for The People. Jurnal Abdi Laksana, 1(1), 94-98.

Darma, S.S., Sudarti, Z. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN MELALUI APLIKASI SIAPIK UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN USAHA. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 695-705.

Darma, S.S., Sudarti, Z. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN WIRA USAHA UMKM DARI ASPEK ADMINISTRASI PENCATATAN KEUANGAN UNTUK MENJAMIN KEBERLANGSUNGAN USAHA. Jurnal PKM Abdi Laksana, 2(2), 253-261.

DJP (2018). Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Tentang PPh Peredaran Bruto Tertentu. Jakarta

Fahmi, (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Hartati, (2019). Pengantar Perpajakan. Jakarta, Pustaka Setia.

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan EMKM, DSAK-IAI, Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesi, (2018). Standar Akuntansi Keuangan ETAP, DSAK-IAI, Jakarta

Latumaerissa, (2017). Bank & Lembaga Keuangan Lain Teori dan Kebijakan. Jakarta. Mitra Wacana Media.Wijaya, (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media.

Maddinsyah, A. M., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). PENYULUHAN MANAJEMEN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA KAMPUNG CIBOLEGER LEBAK-BANTEN. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Novitasari (2019). Metode Mudah Menyusun Pembukuan Sederhana, Pegangan Wajib Praktis Bisnis dan Pelaku Usaha UKM. Yogyakarta.

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas, 23(2), 165-169.

Wijaya, (2018). Akuntansi UMKM. Jakarta. Gava Media.

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Downloads

Published

2022-05-09