PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU AKUNTANSI DALAM PENYUSUNAN LAPORAN ARUS KAS

Authors

  • Vita Fitria Sari Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang
  • Mayar Afriyenti Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang
  • Ade Elsa Betavia Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang
  • Dewi Pebriyani Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i2.20324

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan bidang peminatan akuntansi dan bisnis cukup menarik perhatian karena dianggap memiliki prospek karier yang dijanjikan. Lulusan SMK dengan peminatan akuntansi diharapkan dapat memiliki kompetensi dalam menyusun laporan keuangan. Laporan arus kas merupakan laporan  keuangan yang disusun dengan menggunakan basis kas berbeda dengan laporan keuangan lainnya. Oleh karena itu laporan arus kas sering dianggap lebih rumit dalam proses penyusunannya. Tim MGMP Akuntansi SMK Provinsi Sumatera Barat menyatakan bahwa dalam proses pembelajaran akuntansi di SMK, penyusunan laporan arus kas merupakan yang paling sulit untuk dipahami dan diajarkan. Selama ini guru-guru dalam mengajarkan penyusunan laporan arus kas berpedoman pada solusi manual (kunci jawaban) yang sudah disiapkan, namun tidak benar-benar memahami konsep penyusunan laporan arus kas perusahaan. Oleh karena itu tim pengusul meyakini diperlukannya pelatihan dalam rangka meningkatkan pemahaman guru-guru akuntansi SMK dalam penyusunan laporan arus kas. Metode pelaksanaan yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah blended learning yakni kombinasi antara pertemuan online dengan pertemuan tatap muka mengingat kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Pada akhir kegiatan peserta telah dapat memahami 70% materi penyusunan laporan arus kas dan mampu menyusun laporan arus kas secara mandiri dan benar.

Kata kunci: akuntansi, blended learning, laporan arus kas

References

Bawaneh, Syamsi S. 2011. The Effects of Blended Learning Approach on Students’ Performance: Evidence from a Computerized Accounting Course. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 6; June 2011

Farley, Alan dkk. 2011. Blended Learning in Finance: Comparing Student Perceptions of Lectures, Tutorials and Online Learning Environments across Different Year Levels. ECONOMIC PAPERS, VOL. 30, NO. 1, MARCH, 2011, 99–108

Motlagh, Aghdas Jafari. 2013. Accounting; Cash Flow Statement. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X. Volume 7, Issue 4 (Jan. - Feb. 2013), PP 109-116

Pebriyani, Dewi dkk. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Blended Learning dalam Pengajaran Akuntansi Pemerintahan; Tingkat Kepuasan dan Rancangan Pembelajaran. Vol 9 No.2 Wahana Riset Akuntansi

Published

2022-05-09