Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Pada Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Tigarakasa

Authors

  • Fitriyah Fitriyah Universitas Pamulang
  • Desi Jelanti Universitas Pamulang
  • Rizka Rismawati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24839

Abstract

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 1 tahun dan sudah pasti banyak aspek kehidupan masyarakat yang sangat berdampak terutama bagi perkembangan bisnis. Wirausahawan yang bergerak dalam bidang UMKM merupakan salah satu yang sangat terdampak oleh pandemi ini. Bukan lagi berfikir untuk ekspansi usaha mereka, namun untuk mempertahankan usaha tersebut pun terasa sulit. Tidak sedikit pelaku UMKM yang akhirnya gulung tikar karena sudah tidak sanggup lagi menjalankan usahanya akibat merugi dalam waktu yang cukup panjang selama masa pandemi ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna mencegah bergugurannya usaha UMKM adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai strategi untuk dapat meningkatkan omzet atau penjualan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah melalui digital marketing yang dapat dilakukan secara mudah, murah, efektif dan juga efisien. Digital marketing sendiri merupakan suatu strategi untuk mempromosikan produk melalui laman media sosial, website, blog dan lain sebagainya yang menggunakan jaringan internet. Tim PKM memilih strategi ini karena dirasa strategi ini sangat cocok digunakan dimasa di mana masyarakat harus stay at home dan banyak menggunakan gadget untuk mengakses informasi. Dengan memanfaatkan peluang yang ada, maka digital marketing dirasa akan sangat membantu para wirausahawan untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan penjualan mereka.

Kata Kunci: Wirausahawan UMKM, Strategi Penjualan, Efisien Dan Efektif

References

Dinantara, M. D., Susanto, S., Kristianto, E., Apriansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Santri Pondok Pasantren Abu Dzar Desa Sukawangi Kabupaten Bogor Paopinsi Jawa Barat. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01).

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Nursyirwan, V. I., Agustinus, E., & Mulyani, N. (2021). Pengelolaan Manajemen Keuangan dalam Industri Kecil Menengah di Komunitas Tangsel Berkibar. Abdimisi, 2(1).

Nursyirwan, V.I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 238-244.

Paul, P. (1996). Marketing on Internet. Journal of Consumer Marketing.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana.(2008). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2022-10-10