PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DESA ANTAJAYA BOGOR, JAWA BARAT

Authors

  • Ibrahim Bali Pamungkas Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Wahyu Andri Wibowo Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Muhamad Badru Zaman Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24842

Abstract

Dengan pembelajaran multimedia ini diharapkan generasi muda di Desa Antajaya, Bogor dapat meningkatkan softskill dan dapat membantu membuka lapangan kerja baru. Apabila remaja Desa Antajaya, Bogor dapat memanfaatkan SIM (Sistem Informasi Manajemen) ini dengan baik maka akan berdampak pada terbukanya informasi global yang dapat memberikan pembelajaran dan sumber informasi yang akurat bagi desanya. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk pemanfaatan sistem informasi manajemen di lingkungan karang taruna dalam upaya peningkatan produktivitas. Hasil kegiatan PKM secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut ketersediaan informasi yang lebih baik dan tepat sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pengambilan suatu keputusan yang nantinya akan berkaitan dengan peningkatan produktivitas karang taruna, produktivitas sendiri memiliki arti suatu sikap mental yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Kata Kunci: SIM (Sistem Informasi Manajemen), Produktivitas

References

Davis, Gordon B. 1993. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.

Davis, Gordon B. 2003. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta Pustaka Binaman Pressindo.

Dinantara, M. D., Susanto, S., Kristianto, E., Apriansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Santri Pondok Pasantren Abu Dzar Desa Sukawangi Kabupaten Bogor Paopinsi Jawa Barat. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01).

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Laudon and Laudon, Kenethe C. 1998, Information System and the Internet A Problem Solving Approach, Orlando: Dryden Press.

Lucas, Henry. 1987. Management information System. London : OP. Publication.

Moekijat. 1994. Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Rafianto. 1991. Produksi dan Kesempatan Kerja. Jakarta: Penerbit Lembaga Sarana Informasi.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Simangunsong, Bonar. 1991. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Panelindo.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Syamsi, Ibnu. 1995. Pengambilan keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta : Bumi.

Syarif, Rusli. 1991. Produktivitas. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-10-10