SOSIALISASI STRATEGI PENDANAAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN UMKM DI DESA CIKASUNGKA, SOLEAR, BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24843Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi disamping pengajaran dan penelitian. Diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat ini perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dan penerapan keilmuan dalam masyarakat. Hal lain yang hendak dicapai melalui kegiatan PKM ini, diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berdiskusi dengan narasumber terkait strategi dan cara memperoleh pendanaan dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan UMKM disaat pandemi Covid-19. Materi PKM disampaikan melalui metode presentasi dan diskusi, pada awal presentasi narasumber lebih banyak menggali kebutuhan dari para pelaku UMKM. Setelah mengetahui apa saja kendala dan kebutuhan para pelaku UMKM, narasumber kemudian melanjutkan dengan memberikan problem solving atas kendala dan permasalahan yang dialami oleh para pelaku UMKM, termasuk didalamnya sosialisasi terkait cara, proses, syarat dan prosedur dalam memperoleh pendanaan UMKM.
Kata Kunci: UMKM, Pendanaan, Pandemi Covid-19
References
Adawiyah, W. R. (2014). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 1(1).
Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.
Dinantara, M. D., Susanto, S., Kristianto, E., Apriansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Santri Pondok Pasantren Abu Dzar Desa Sukawangi Kabupaten Bogor Paopinsi Jawa Barat. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01).
Disemadi, H. R., Roisah, K., & Ekonomi, I. (2019). Kebijakan Model Bisnis Bank Wakaf Mikro Sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Law Reform. Fakultasi Hukum Universitas Diponegoro.
Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.
M Reza, A. (2021). Pengaruh Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dan Likuiditas Terhadap Resiko Pembiayaan Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2014-2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.
Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Suci, Y. R., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi.
Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.
Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.