UPAYA PENINGKATAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU MELALUI PEMBUATAN BAHAN AJAR

Authors

  • Purwati Yuni Rahayu Dosen Universitas Pamulang
  • Enok Nurhasanah Dosen Universitas Pamulang
  • Kusworo Kusworo Dosen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24846

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di antaranya 1) guru mampu membuat bahan ajar dalam menunjang proses pembelajaran; 2) guru mampu meningkat pengembangan keprofesian berlanjutan salah satunya karya inovatif. Teknik pengabdian yang dilaksanakan pengabdian yakni pelatihan dalam pembuatan bahan ajar serta memberikan pendampingan secara langsung terkait dengan pembuatan bahan ajar dan peningkatan keprofesian berlanjutan. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di SMK Sasmita Jaya 1 menunjukkan hasil yang positif dengan diawali pemaparan terkait dengan konsep dan tahapan penyusunan bahan ajar. Penyusunan didasari dengan analisis kebutuhan yang relevan dan sesuai dengan karakteristik sekolah. Analisis perangkat pembelajaran, capaian lulusan sampai dengan tujuan pembelajaran secara spesifik. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan guru-guru mampu mengetahui dan membuat bahan ajar yang dibutuhkan oleh peserta didik. Selain itu, melalui pengabdian ini juga guru mampu mengidentifikasi kebutuhan penunjang karir guru dalam pengembangan keprofesian berlanjutan.

Kata Kunci : Keprofesian, Berkelanjutan, Bahan Ajar

References

Aisyah, Siti Dkk. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka. Vol 2 No.1.

Ana, A. Fitri. 2019. Strategi Pengembangan Jabatan. Fungsional Guru di SMPN 2 Kota Tangerang Selatan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-303).

Daryanto, Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar), Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Jazuli, Moh Dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Pendidikan IPA.Vol 7 Jilid 2.

Nurhakim, Rusman dan Abd Rahman. 2010. Panduan Pengembangan Profesi Guru dan PTk, Depok: Karima.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 91.

Putra. Riza aulia. 2018. Peran Teknologi Digital Dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Journal of Islamic Science and Technology. Vol. 4, No.1.

Ratiyani, Ita dkk. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Digital Dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembelajaran 5e (Learning Cycle 5e) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar (Peserta didik Kelas Vii Di Smp Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Vol. 3, No. 1.

Rizki, Fitria. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Meatematika Berbantuan Aplikasi Microsoft Mathematics Pada Peserta didik Kelas XI. Skripsi Universitas Islam Negeri: Raden Intan. Lampung.

Widodo & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Published

2022-10-10