MENGEMBANGKAN DAN MEMBANGUN KREATIVITAS DUNIA VIRTUAL GENERASI MUDA DALAM PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA DESA ANTAJAYA, BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Alvin Praditya Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Rahadyan Tajuddien Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Nanda Rodiyana Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24848

Abstract

Dengan pembelajaran multimedia ini diharapkan generasi muda di Desa Antajaya, Bogor dapat meningkatkan softskill dan dapat membantu membuka lapangan kerja baru. Apabila remaja Desa Antajaya, Bogor dapat memanfaatkan multimedia ini dengan baik maka akan berdampak pada terbukanya informasi global yang dapat memberikan pembelajaran dan sumber informasi yang akurat bagi desanya. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk 1. Dapat meningkatkan kreatifitas karang taruna, 2. Dapat mengoperasikan multimedia. Adapun Metode kegiatan ini adalah dengan mendatangi lokasi tersebut dan memberikan penjelasan. Hasil kegiatan PKM secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut: 1. Kreativitas muncul karena pertemuan tiga komponen yakni pengetahuan (knowledge), berpikir kreatif (creative thinking), dan motivasi (motivation). Pengoprasian multimedia menggunakan 3 jenis, yaitu: a. Multimedia Interaktif, b. Multimedia Hiperaktif, c. Multimedia Linear.
Kata Kunci: Kreativitas Dunia Virtual, Multimedia

References

Arif S. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan,Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Binanto, Iwan 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Conny Semiawan dkk. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Darusman, Y. M., Bastianon, B., Susanto, S., Wiyono, B., & Benazir, D. M. (2021). Penyuluhan Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial Di Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 2(2), 68-74.

Heppy El Rais. 2012. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hofstetter. 2001. Multimedia Interaktif. Jakarta: Yudistira.

M. Asrori. 2015. Perkembangan Peserta Didik: Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Yogyakarta: Media Akademi.

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2017. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novan Ardy Wiyani dan Barnawi. 2012. Format Paud: Konsep, Karakter, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ruswan. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfa Beta.

Robin dan Linda. 2001. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=multimedia_mnggu1&source=web&cd=1&ved=0CC8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fsindy.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F24519%2FMULTIMEDIA_Mnggu1.pdf&ei=bEVIT7LdEc6iiAfauoWoDg&usg=AFQjCNGosDMGYVG5j48Mno5lW2D3NiWISg&cad=rja, Universitas Gunadarma. Diakses 12 April 2022.

Rosch. 1996. Easy Way To Understand The Multimedia. Bostom: Allyn and Bacom.

Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sairin, S., Fajri, C., & Susanto, S. (2022). Pengembangan Website Guru Melalui Google sites Di SMA Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02).

Senn, James A. 1998. Information Technology in Business: Principles, Practice, Opportunities, 2th. London: Prentice Hall.

Sutrisno. 2011. Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama.

Turban, dkk. 2002. Kombinasi dari paling sedikit dua Input atau Output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=multimedia_mnggul&source=web&cd=1&ved=0CC8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fsindy.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F24519%2FMULTIMEDIA_Mnggu1.pdf&ei=bEVIT7LdEc6iiAfauoWoDg&usg=AFQjCNGosDMGYVG5j48Mno5lW2D3NiWISg&cad=rja. Universitas Gunadarma. Diakses 12 April 2022.

Downloads

Published

2022-10-10