PENGELOLAAN KEUANGAN MENUJU KELUARGA YANG MANDIRI BAGI IBU-IBU KADER KELURAHAN BAKTI JAYA

Authors

  • Destian Andhani Universitas Pamulang
  • Hira Maulida Universitas Pamulang
  • Agus Sudarsono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24851

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi dan penyuluhan yaitu suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya informasi agar dapat memahami pentingnya mengelola keuangan yang baik, serta melalui diskusi dan tanya jawab peserta mampu memahami dan melakukan praktek tentang kemampuan membangun kesadaran dalam hal penghematan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan informasi yang berguna sehingga masalah perekonomian masyarakat masih menjadi masalah yang cukup besar, Pengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi keluarga. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya peningkatan biaya hidup. Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah ini sangat mempengaruhi manajemen keuangan banyak orang. Bukan kebiasaan dan gaya hidup seseorang saja yang berubah, tetapi cara mengatur keuangan pribadi juga ikut berubah mengikuti tatanan hidup baru/new normal. Mulai dari melakukan penghematan sampai dengan menyiapkan lebih banyak dana darurat yang bisa dipakai setap waktu.

Kata Kunci : Sosialisasi, Pengelolaan Keuangan, Manajemen Keuangan

References

Asadi S, Wexler AS, Cappa CD, Barreda S, Bouvier NM, Ristenpart WD. Aerosol emission and superemission during human speech increase with voice loudness. Sci Rep. 2019;9:2348.

Berger, Peter L., dan Thomas Luckman. 1990. Tafsir Sosial dan Kenyataan. Jakarta: LP3ES.

Kementerian Kesehatan RI (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (COVID-19)

Kemenkes RI (2011). Peraturan Menteri Kesehatan No. 2269/ MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jakarta.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Mac Iver, R. M. & Charles H. 1961. Society An Introducing Analysis. London : Macmilan & co ltd.

Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta. 2003. h. 3.

Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku hidup bersih dan sehat. Yogyakarta. Nuha Medika.

Stadnytskyi V, Bax CE, Bax A, Anfinrud P. The airborne lifetime of small speech droplets and their potential importance in SARS-CoV-2 transmission. Proc Ntl Acad Sci. 2020;117:11875-7.

Susanto, S., & Iqbal, M. (2019). Efektifitas Peranan Hukum dalam Pengelolaan Dana Desa Melalui BUMDes Sebagai Perwujudan Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

WHO (2020). Penyataan Keilmuan : Transmisi SARS-CoV-2: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi.

Downloads

Published

2022-10-10