KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA, KEKERASAN KEMANUSIAAN

Authors

  • Sri Siti Munalar Universitas Pamulang
  • Abdul Hayy Nasution Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24858

Abstract

Pada umumnya orang berpendapat bahwa Kekerasan Dalam rumah Tangga (KDRT) adalah urusan intern keluarga dan rumah tangga. Sekian banyak KDRT, istri notabene pendidik awal dari generasi manusia adalah korban. Padahal istri garda depan yang mewujudkan model manusia yang bagaimana di masa mendatang. Kondisi sehat lahir bathin atau sebaliknya sakit istri menentukan bentuk masyarakat manusia. Pengabdian kali ini Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarkat (PKM) Universitas Pamulang mengusulkan tema KDRT sebagai kekerasan kemanusiaan.. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian yaitu pendampingan yang dilakukan dengan brainstorming untuk membuka mindset tentang pemahaman terhadap kekerasan dalam rumah tangga bagi warga masyarakat. Penyadaran secara komprehensif agar dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengurangi angka kekerasan dalam rumah tangga walau sulit untuk menghapuskannya. Perlindungan hukum dan edukasi korban kekerasan dalam rumah tangga sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hasil kegiatan pengabdian antara lain aspek tingginya tingkat pemahaman dalam penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga, komunikasi yang komunikatif disadari wajib ada dalam sebuah rumah tangga, sehingga tidak tercipta sumbatan pemikiran yang memicu konflik. Manajemen sosial, terkelolanya manajemen yang berkelanjutan, berupa peran partisipasi aktif anggota keluarga khususnya, masyarakat umumnya.

Kata kunci: Kekerasan, RumahTangga, Kemanusiaan

References

Agung Fakhruzy, MEDIASI PENAL Dalam Penyelesaian Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Teori dan Implementasi),Duta Media Publishing, Pamekasan, 2019.

Amie Primarni, Khairunnas, Pendidikan Holistik Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna, Al-Mawardi Prima, Jakarta Selatan, 2016.hlm.42.

Azizah H, dkk, Ketahanan Keluarga Dalam Perspektif Islam, Pustaka Cendekiawan Muda, Tangerang Selatan, 2018.

Darusman, Y. M., & Anggraeni, R. D. (2020). Sosialisasi undang-undang perlindungan anak dan kdrt kelurahan pulau panggang kabupaten kepulauan seribu. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 76-82.

Juraid Abdul Latif, Manusia, Filsafat dan Sejarah, Jakarta, PT Bumi Aksara),2006. Fathul Djannah, Kekerasan terhadap istri, LKiS Yogyakarta, 2003.

Khaerul Umam Noer,dkk, Menyoal Peran Negara dan Masyarakat Dalam Melindungi Perempuan dan Anak Asesmen Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Empat Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Pusat Kajian Wanita dan Gender Universitas Indonesia, Depok, 2019.

Oktir Nebi, Yudi Anton Rikmadani, Hukum Kekerasan Dalam Rumah Tangga

“Perspektif Teori Perlindungan Hukumâ€, CV. Azka Pustaka, Pasaman Barat, 2021.

Ratih Wulandari, Perlindungan Hukum Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian, Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Saptosih Ismiati, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) & Hak Asasi Manusia (HAM)(Sebuah Kajian Yuridis), Deepublish, Yogyakarta, 2020.

Vemmi Kesuma Dewi, Pendidikan Ramah Anak, Cipta Media Nusantara, Surabaya.

Nur Rofiah, Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Perspektif Islam, Jurnal Wawasan , Vol 2, No 1 (2017).

Hayati, F. A., Susanto, S., & Yanto, O. (2021, January). Urgensi Perlindungan Hukum Atas Hak Anak Dari Aksi Kekerasan Di Kawasan Tangerang Selatan. In Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1215-1222).

Wiyono, B., Arofa, E., Wulansari, E. M., & Susanto, S. (2020). Sosialisasi Undang-Undang Kdrt Dan Perlindungan Anak. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 1(3), 42-47.

Musni Umar, Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), https://musniumar.wordpress.com/2012/07/09/pencegahan-dan-penanganan-kekerasan-dalam-rumah-tangga-kdrt/, diakses pada Kamis, 30 Juni 2022.

Korban KDRT Masih Pilih Perceraian Daripada Pidana, https://www.voaindonesia.com/a/korban-kdrt-masih-pilih-perceraian-daripada-pidana-/5141998.html, diakses pada Kamis, 30 Juni 2022.

KDRT Masih Menjadi Momok Buruh Perempuan, https://www.voaindonesia.com/a/kdrt-masih-menjadi-momok-buruh-perempuan/5290273.html, diakses pada Kamis, 30 Juni 2022.

Penyebab Meningkatnya Kasus KDRT Selama Covid-19 dan Cara Menangganinya, https://hellosehat.com/infeksi/covid19/kdrt-selama-pandemi/, diakses pada Sabtu, 30 Juni 2022.

Angka KDRT Di Indonesia Meningkat Sejak Pandemi Covid-19: Penyebab dan Cara Mengatasinya, https://theconversation.com/angka-kdrt-di-indonesia-meningkat-sejak-pandemi-covid-19-penyebab-dan-cara-mengatasinya-144001, diakses pada Sabtu, 30 Juni 2022

Dampak Virus Corona, Kasus KDRT Di Dunia Meningkat Akibat Covid-19, https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/06/190000165/dampak-virus-corona-kasus-kdrt-di-dunia-meningkat-akibat-covid-19?page=1, diakses pada Sabtu, 30 Juni 2022

Kekerasan Dalam Rumah Tangga Selama Pandemi Covid-19; Penyebab dan Solusi, https://revolusimental.go.id/kabar-revolusi-mental/detail-berita-dan-artikel?url=kekerasan-dalam-rumah-tangga-selama-pandemi-covid-19-penyebab-solusi, diakses pada Sabtu, 30 Juni 2022.

Downloads

Published

2022-10-10