WEBINAR INTERNASIONAL MEMAHAMI SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN PHILIPPINE

Authors

  • Lili Nurlaili Universitas Pamulang
  • Ichwani Siti Utami Universitas Pamulang
  • Hendri Hendri Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24862

Abstract

Perkembangan globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini bahkan di seluruh dunia. Seiring dengan hadirnya globalisasi di tengah-tengah masyarakat tersebut diikuti pula dengan perkembangan di bidang teknologi yang semakin pesat. Oleh karena itu dalam menindak lanjuti kerjasama antara Universitas Pamulang (UNPAM) dengan Polytechnic University of the Philippines (PUP), yang dilanjutkan dengan kerjasama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi PPKn menyelenggarakan English Camp dalam bentuk pertukaran informasi tentang budaya, kebijakan pendidikan dan sistem demokrasi yang berkembang di Indonesia dan Filipina. Kegiatan ini dilaksanakan dalam flatporm video converence (webinar). Kegiatan berlangsung 4 (empat) kali webinar antara tanggal 22 Maret 2022 – 1 April 2022. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional pada sesi pendidikan bertujuan untuk: a) Mengenalkan tentang Sistem Pendidikan di Indonesia dan Philipina; b) Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa di Indonesia dan Philipina untuk lebih memahami tentang system pendidikan pada kedua negara tersebut; c) Memperkenalkan Universitas Pamulang dalam forum internasional agar tertarik untuk menjalin kerjasama rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: Sistem Pendidikan; Kerjasama Internasional; Indonesia dan Philipina

References

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar : Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Arifin, Zaenal. 2013. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm. 2.

Az-Zuhri, D. N. (2017, Agustus 11). Pro dan Kontra Full Day School. Retrieved Agustus 16, 2017, from NU Online: www.nu.or.id.

González, G., Deal, J., & Skultety, L. (2016). Facilitating Teacher Learning When Using Different Representations of Practice. Journal of Teacher Education, 67, 448-450.

Hamalik, Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Ed1, Cet. 16Majid, Abdul dan Andayani, Dian, 2012, “Pendidikan Karakter Prespektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1, 268.

Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.

Kemdikbud. 2017. Panduan Penyusunan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Kemdikbud.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2017. Lebih Memahami Konsep dan ProsesPembelajaran. Kata Pena.

Kurniawan, Deny. 2012. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik danPenilaian). Jakarta : Rosdakary

Nasma. 2016. Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegences dalam Kompetensi Dasar dan Materi Pokok Jenjang SMP. OASIS (Objective And Accurate Sources of Islamic Studies), 1, 22.

Downloads

Published

2022-10-10