PENGEMBANGAN USAHA KRIPIK PISANG PARA ANGGOTA KATEGORI PERINTIS DI UMKM GALERI LEBAK BANTEN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMASARAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Zulfitra Zulfitra Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sahroni Sahroni Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Elang Kristi Andhika Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Nur Wijayanti Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Siti Chodijah Magister Manajemen Universitas Pamulang
  • Susanti Susanti Magister Manajemen Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24867

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarkat bermitra dengan UMKM Galery yang berlokasi di Jalan TB Surya Atmadja, Rangkasbitung Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mitra merupakan kelompok yang memiliki anggota sebanyak 25 Kelompok (anggota 60-80 orang per UMKM nya), Usaha yang dijalankan diantaranya yaitu pembuatan keripik pisang seperti sale, aneka jamu- jamuan atau herbal seperti jahe, seher, dan sebagainya. Tujuan umum dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah porsi pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku UMKM yang tetap mengiklankan produknya secara offline atau konvensional, seperti mengikuti acara, menitipkan di galeri, atau menerima pesanan dari pihak tertentu. Dengan demikian, ruang lingkup promosi produk masih cukup sempit, sehingga menghambat perkembangan bisnis dengan baik. Hal mendasar yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pemasaran produk adalah melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan bagi pengelola UMKM Galery dengan anggota yang tergabung dalam UMKM Galeri kategori perintis dengan bidang usaha keripik pisang, yang dikemas dengan nama kegiatan†Pengembangan Usaha Kripik Pisang Para Anggota Kategori Perintis di UMKM Galeri Lebak Banten Dengan Menerapkan Strategi Pemasaran Pada Marketplace Shopeeâ€. Adapun metode yang dilaksanakan dalam program pengabdian kepada masyarkat ini yaitu dengan tahap persiapan, survey & penyampaian materi secara langsung dan simulasi serta diskusi tanya jawab tentang Strategi pemasaran pada Marketplace Shopee.

Kata Kunci: Manajemen, Strategi Pemasaran, UMKM

References

Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.460 HalAkmal. (2019). Lebih Dekat Dengan Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt Grasindo.

Darmawan, Erlangga Satya. 2021. Survei KIC: Shopee Sumbang Omzet Terbesaruntuk UMKM Selama Pandemi. https://money.kompas.com/read/2021/05/04/144914526/survei-kic-Shopee- sumbang-omzet-terbesar-untuk-umkm-selama-pandemi?page=all diakses pada 20 Juni 2021.

Dinantara, M. D., Susanto, S., Kristianto, E., Apriansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Santri Pondok Pasantren Abu Dzar Desa Sukawangi Kabupaten Bogor Paopinsi Jawa Barat. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01).

Firmansyah A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : Deepublish CV. Budi Utama.

Haris, Yudhitiya & Indriani, Dian. 2019. Sosialisasi & Pelatihan E-CommerceBeserta Aspek Hukumnya bagi Pelaku Usaha Rumah Payet SulamKecamatan Genuk Kota Semarang. Universitas Semarang. 36 halaman https://repository.usm.ac.id/files/dedication/Z146/20190407013536 Sosialisasi- &-Pelatihan-E-Commerce-Beserta-Aspek-Hukumnya- bagiPelaku-Usaha-Rumah- Payet-Sulam-Kecamatan-Genuk-Kota- Semarang.pdf Diakses pada tanggal 15 Juni 2021.

Lestari, M. 2018. Shopee Klaim Alami Pertumbuhan 350% dengan 1 Juta Penjual. https://inet.detik.com/business/d3850819/Shopeeklaimalamipertumbuhan35.0-dengan-1-juta-penjual diakses pada 15 Juni 2021.

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Ramdhansyah & Sondang Silalahi. 2013. Pengembangan Model PendanaanUMKM Berdasarkan Persepsi UMKM. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol.5: 30-40. https://docplayer.info/41952218-Pengembangan-model-pendanaan-umkm-berdasarkan-persepsi-umkm-ramdhansyah-dosen- universitas-negeri-medan.html Diakses pada tgl : 15 Juni 2021.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Downloads

Published

2022-10-10