PELATIHAN PEMBUATAN BLOG BAGI IBU-IBU PKK SEBAGAI SARANA PUBLIKASI DAN INFORMASI DI KELURAHAN BAKTI JAYA

Authors

  • Ria Rosalia Simangunsong Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Budi Syamtoro Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Yeti Kusmawati Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24869

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pembinaan yaitu suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu.Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan bagi masyarakat yang dilakukan pada ibu-ibu PKK di kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, agar mereka mampu memberikan informasi yang berguna sehingga masalah pemanfaatan teknologi internet dan sebagainya masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlunya mengenalkan media blog di kalangan masyarakat agar mereka juga dapat menyalurkan kreatifitas melalui tulisan-tulisan mereka. Pengenalan media blog mendapat wawasan baru mengenai pemahaman tentang kegunaan blog dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang, pemilihan platform, cara mengupdate situs, troubleshooting, memperbaharui atau menghapus postingan.

Kata Kunci : Blog, Publikasi, Informasi

References

Darmawan, D. (2014). Perkembangan E - Learning Teori Dan Desain. Bandung: PT Remaja Rodaskary A.

Darmawan, D. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School "Dharma Nusantara". Journal of Computer Science.

Graham, S. (2005). Blogging For ELT British Council.

Herutomo, A. (2010). Conquering Web 2.0. Jakarta: PT Elex media

Komputindo. Januarisma, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis WEB Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Peserta didik Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol. 3, No 2, Oktober 2016, 143-158.

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi lnformasi Edisi Revisi.

Lantip, P. D., & Riyanto. (2011). Teknologi lnformasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Pemerintah Indonesia. (2019). Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rout, 1., & Sopyan, Y. (2007). Panduan Praktis Mengelola Blog. Jakarta: Media Kita.

Solomon, G., & Serum, 1. (2011). Web 2.0 Panduan bagi para pendidik. Jakarta: PT. indekx.

Sutabri, T. (2014). Pengantar Teknologi lnformasi. Yogyakarta: Andi.

Sairin, S., Fajri, C., & Susanto, S. (2022). Pengembangan Website Guru Melalui Google sites Di SMA Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02).

Downloads

Published

2022-10-10