MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN DIGITALISASI EKONOMI DI ERA 4.0

Authors

  • Sulfi Purnamasari Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Ubaid Alfaruq Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Fiqoh Afriliani Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Soffi Soffiatun Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang
  • Fika Rahmanita Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i3.24871

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melakukan sosialisasi kepada guru dan peserta didik mengenai pentingnya meningkatkan motivasi berwirausaha di era 4.0 dan melaksanakan sosialisasi kepada guru dan peserta didik mengenai pentingnya upaya meningkatkan pengetahuan digitalisasi untuk menumbuhkan minat berwirausaha. Pengabdian dilakukan dengan metode persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan publikasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan survei dan pengisian pre test. Survei bertujuan untuk menganalisis kendala yang dialami siswa dan menyebabkan rendahnya motivasi untuk berwirausaha. Pre-test dilakukan untuk menganalisis kondisi motivasi untuk berwirausaha dan pengetahuan peserta mengenai media digital pada kegiatan ekonomi. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya pengetahuan digitalisasi di era 4.0 dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha. Tahap evalusasi dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk mendapatkan hasil post-test. Pada tahap akhir dilaksankan penyusunan artikel publikasi pada media masa elektronik dan artikel pengabdian.

Kata Kunci: motivasi berwirausaha, media digital, digitasisasi.

References

Fernando, F., & Handoyo, S. E. Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial, dan e-Commerce terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 99-106.

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38-45.

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 154-160.

Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1198-1215.

Hasmiah, J., Tahir, T., Hasan, M., & Said, I. (2021). PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 2(1), 18-27.

Ismah, I., Suhendri, S., & Kusdaryani, W. (2020). Pengembangan UMKM melalui literasi digital pada era 4.0 untuk meningkatkan minat berwirausaha. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 174-181.

Jaenudin, A., Suroto, S., & Astuti, D. P. (2019). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Teknologi Digital Pada Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Industri 4.0. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(2), 84-95.

Noviantoro, G. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan. Motivasi Berwirausaha.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Kampung Sengkol Rt 06/02 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.

Sakdiyyah, D. A., & Risla, T. (2021). Peran literasi ekonomi digital terhadap motivasi siswa dalam berwirausaha. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(3), 219-231.

Suworo, S., Sairin, S., Susanto, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2022). Pelatihan Digital Marketing (Sosial Media) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-69.

Usman, A., Fadhil, A. A., & Haq, A. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 101-107).

Widyaning, Y. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi. UNY.