MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MENULIS CERPEN

Authors

  • Setiawati Setiawati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Eti Hayati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Neng Nurhemah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28366

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan dengan judul “Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Menulis Cerita Pendek Di MTS Nur As-Sholihat, Kota Tangerang Selatanâ€. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik di lingkungan pesantren MTS Nur As-Sholihat melalui stimulus dalam aktivitas menulis cerita pendek. Metode pengabdian kepasda masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan memberikan materi mengeni unsur-unsur pembangun suatu cerita pendek kemudian menstimulus peserta didik melalui penalaran narasi sebagai pembukaan dalam awal penulisan cerita pendek. Pelatihan ini disertai dengan diskusi tanya jawab dan praktik menulis cerita pendek. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang diperoleh adalah berupa tulisan cerita pendek sejumlah 18 tulisan. Dimana peserta didik diberikan stimulus berupa paparan materi mengenai tema perempuan yang menginspirasi, baik itu tokoh publik maupun tokoh perempuan yang berada dilingkungan terdekat dari peserta didik. Sehingga dari kemampuan menyimak materi tersebut peserta didik bisa menentukan kesimpulan dan maknanya, kemudian dijadikan ide untuk dikemangkan menjadi tulisan cerita pendek (Cerpen). Judul-judul cerpen yang ditentukan dan dikembangkan oleh peserta didik menunjukkan adanya keberagaman judul dan kesesuaian judul dengan isi cerpen sudah menggambarkan adanya pengobtimalan kemampuan berpikir kreatif yang baik. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan, khususnya memberikan pemahaman kepada peserta didik, bahwa keterampilan berpikir kreatif dapat mengasah ide-ide baru dari generasi milenial, salah satunya dapat diimplementasikan melalu menulis cerita pendek.

Kata Kunci : Keterampilan Berpikir, Berpikir Kreatif, Menulis Cerpen

References

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif. Malang: YA3

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan pengkajian sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu Setiawan, Hengki. 2013. Paspor Kreatif. Yogyakarta: CV ANDI

Sudarma, Momon. 2013. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Toha sarumpaet, Riris. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Indonesia Magelang: Tera

Wheeler, Jim. 2004. The Power of Innovative Thinking, Mengoptimalkan Ide-ide Baru dan Kreativitas untuk memperlancar kesuksesan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003

Published

2023-01-28