MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT

Authors

  • Abd. Chaidir Marasabessy Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Saepudin Kartasasmita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Endang Prastini Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28367

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup mempunyai peran yang sangat stragis dalam membentuk manusia yang peduli terhadap lingkungannya sehingga dapat meminimalisasi resiko kerusakan lingkungan. Kegiatan Pengabdian ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif kepada masyarakat tentang penting membangun karakter peduli lingkungan. Pendekatan yang digunakan pada kegiatan pengabdian yaitu penyuluhan (ceramah dan tanya tanya jawab). Melalui kegiatan pengabdian ini, mitra telah memahami dan menyadari bahwa membangun karakter peduli terhadap lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat menjadi hal yang sangat penting guna menjaga lingkungan dari berbagai kerusakan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh peserta memberikan penilaian pada skala 3 (puas) dan skala 4 (sangat puas). Dari jumlah seluruh peserta yang mengikuti kegiatan penyuluhan/sosialisasi, yang berjumlah 35 warga desa dan 4 perangkat desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Bogor, tercatat bahwa peserta yang memberikan penilaian pada skala 3 (puas) sebanyak 11 peserta, dan penilaian pada skala 4 (sangat puas) sebanyak 24 peserta. Artinya dari ke-tujuh indikator (pernyataan) yang dicantumkan dalam kuesioner tersebut, peserta memberikan penilaian pada skala 4 atau “sangat puas†sehinga dapat disimpulkan bahwa 100 persen peserta telah memahami materi yang diberikan oleh tim pengabdian.

Kata Kunci : Karakter, Peduli, Lingkungan

References

Apriliyana, Esti. (2016). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPS di SDN 1 Kalitengah Purwanegara. Skripsi. Prodi PGSD: FKIP Universitas Muhammadiyah Purwakerto.

Aunillah, Nur Isna. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Azzet A.M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gischa, Serafika. (2020). Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Pemberdayaan. Artikel.Kompas.com.https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/14/190000569/bentuk-partisipasi-masyarakat-dalam-pemberdayaan?page=all

Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2022). Generasi Muda Berwawasan Lingkungan Berperan Penting dalam Pengendalian Perubahan Iklim. Siaran Pers. 14 September 2022, https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4961

Kospa, D.S.H. (2021). Kajian Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Ilmiah Tekno Global, 10 (01), 22-26.

Marasabessy, A. C., Hayati, E., & Utaminingsih, S. (2022). Internalization Values of Character Education As a Solution for Degradation of Civility of the Nation. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 150-159. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Pemerintah Indonesia. (2017). Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Sabardila, Atiqa dkk,. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempo Boyolali. Buletin KKN Pendidikan 1 (2), 35-42 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10763

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). (2021). Sumber Sampah. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/sumber

Solekhan, Moch. (2012). Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Malang: Setara

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-01-28