PELATIHAN PEMBUATAN BLOG SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN: STUDI KASUS SMK BISTEK GUNUNG SINDUR BOGOR, JAWA BARAT

Authors

  • Syafaatul Hidayati Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Syamsul Anwar Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Badrus Sholeh Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28369

Abstract

Memberikan pengetahuan kepada guru merupakan tujuan umum dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyrakat yang meliputi:media blog terkait pengetahuan dasar, cara pembuatan blog dan pemanfaatan media blog sebagai media pembelajaran. Oleh sebab itu untuk dapat meningkatkan pengetahuan tersebut baik guru dan siswa pelatihan mendapatkan materi tentang pengetahuan dan juga keterampilan dasar; (1). Apa itu media blog, (2). Tahapan membuat media blog (3). Memanfaatkan media blog. Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan melalui metode seperti ceramah,training, FGD, praktikum, pendampingan dan juga evaluasi. Pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa kegiatan yaitu: (1) Pemberian materi mengenai media blog serta pembuatan media blog dalam hal pembelajaran.. (2) Materi diskusi berbagai hal terkait yang telah disampaikan. (3) Pembuatan media blog oleh peserta.(4) Pendampingan,(5) dan evaluasi kegiatan. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini diperoleh hasil evaluasi, akhirnya yang dapat kami simpulkan bahwa program ini telah mampu memberikan manfaat bagi guru-guru SMK Bistek dan tepat sasaran dimana SMK Bistek menjadi Mitra dalam kegiatan pengabdian ini. Pelatihan ini dapat sangat efektif sehingga membuka wawasan serta memberikan pengetahuan baru di bidang media blog yang dijadikan alternative bagi media pembelajaran untuk guru di SMK Bistek.

Kata Kunci : Blog, Media Pembelajaran, Pelatihan Guru

References

Andriyanto, dkk. 2016. Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bagi Guru SMP N 6 Sukoharjo.

Badrus, dkk (2021). Sosialisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Andalan Bangsa. Jurnal Praxis Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Lestiana dan Sari Puteri Deta Larasati. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Fadilla, A. N., Relawati, A.S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(02), 48-60.

Handarini, Oktafia Ika dan Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkoantoran, 8(3), 496-503.

Mastura dan Rustan Santaria. 2020. Dampak Pandemi Covid Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 289-295.

Sairin, F. C., & Susanto.(2022). Pengembangan Website Guru Melalui Google sites Di SMA Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 12-17.

Downloads

Published

2023-01-28