MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN PERHITUNGAN BREAK EVEN POINT DAN PENGOLAHAN PRODUK HASIL PERTANIAN BAGI PETANI MILENIAL (PEMUDA KAMPUNG CALINCING)

Authors

  • Meta Nursita Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Fina Fitriyana Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Yolanda Gusvia Putri Prodi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28371

Abstract

Melemahnya pertumbuhan ekonomi mengakibakan begitu banyaknya kebutuhan yang harus terpenuhi oleh Negara guna dapat mengobati luka dari aktivitas dunia yang sempat terhenti. Demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang baik, semaksimal mungkin peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat harus terpenuhi. Teknologi yang semakin pesat mestinya mendukung pertumbuhan ekonomi yang baik dengan mengikutsertakan peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik pula. Dalam pemanfaatan teknologi khususnya dalam bidang pertanian, diharapkan masyarakat dapat memenuhi skala keberimbangan antara sosial dan teknologi. Dalam upaya meningkatkan kualitas mitra dalam berwirausaha dalam bidang pertanian, adalah dengan memberikan penyuluhan, sosialisasi dan edukasi yang meliputi konsep membangun jiwa wirausaha melalui pelatihan perhitungan break even point, penerapan proses sampai pada implementasi mengenai dan pengolahan produk hasil pertanian bagi petani milenial.

Kata Kunci : Break Even Point, Pengolahan Produk, Wirausaha

References

BPS Kabupaten Serang (2022). Statistik Daerah Kapubaten Serang 2022. Kabupaten Serang. Penerbit: CV. SAVARO, Hal 13.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Serang. (2022). https://serangkab.bps.go.id/

Irham Fahmi. (2014). Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi. Bandung. Penerbit: Alfabeta, Hal 2.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. Penrbit: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Depok. Penerbit: Salemba Empat

Mardiasmo, 2013. Perpajakan Edisi revisi 2013. Yogyakarta CV. Andi Offset. Maruta, Heru.(2018). Analisis Break Even Poin (BEP) Sebagai Dasar Perencanaan Laba Bagi Manajemen. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 9-28. STIE Syariah Bengkali.

Sahroni, S., Susanto, S., Sutoro, M., Mukrodi, M., & Apriansyah, M. (2020). Penumbuhan Wirausaha Baru Pada Majelis Da’wah Al’adni. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sairin, S., Susanto, S., Suworo, S., Tarwijo, T., & Fajri, C. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyara-kat Dengan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Kampung Sengkol Rt 06/02 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 337-346.

Waluyo, 2011. Perpajakan Indonesia Edisi 10. Salemba Empat: Jakarta.

Wisnu Buana, Kadek dkk. 2021. Pelatihan Aspek Perpajakan dan Perhitungan Pajak Bagi UMKM di Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Sosial Volume 1 Nomor 2: Universitas Bina Insani. Jawa Barat: September 2021.

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-menghitung-break-even-point-bep-dan-contoh/.

Downloads

Published

2023-01-28