PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM CV CAHAYA AGRIBIZ CIANJUR

Authors

  • Yulian Bayu Ganar Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Mohamad Duddy Dinantara Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Susanto Susanto Prodi Magister Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28374

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian  ini adalah peserta memahami bagaimana merencanakan dan mengelola keuangan bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman, terlebih pada masa sesudah pandemi saat ini. Selain itu peserta juga dapat mengetahui bagaimana alokasi uang atau modal perusahaan untuk membiayai keperluan lini usaha. Sehingga anggaran perusahaan tu akan terdistribusi pada pos yang tepat untuk digunakan untuk berbagai kepentingan yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Diharapkan setelah kegiatan ini peserta mampu untuk merencanakan keuangan secara efektif dan efisien. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para pelaku UMKM yang tergabung dalam CV. Cahaya Agribiz. Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim dan mitra serta persiapan alat dan bahan pelatihan. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah pelaksanaan program dengan metode wawancara dan observasi.

Kata Kunci : Manajemen Keuangan, UMKM

References

Admin Keu LSM. Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM. Diakses pada 10 April 2014. http://keuanganlsm.com/pengelolaan-keuangan-bagi-ukm

Basyah, N. A., Fahmi, I., & Razak, A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan Masa Covid-19 : Satu Tinjauan. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1-11.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22, 118±124.

Saragih, Rintan. "Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial." Jurnal Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, 2017, pp. 26-34.

Taufik, & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21±32. Wuryando, Bagoes, (2012), Jurus Maut MLM Anti Gagal (Tips & Trik Memilih Bisnis Jaringan yang Pas untuk Anda), MedPress Digital, Hlm. 15-16

Zulfitra, Z., Susanto, S., Mubarok, A., Sutoro, M., & Anwar, S. (2019). Manajemen Bisnis Sebagai Sarana Untuk Menumbuhkan Pengusaha-Pengusaha Baru (Studi Kasus pada PKBM Nurul Qolbi, Kota Bekasi, Jawa Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Zulfitra, Z., Ganar, Y., B., Krisyanto, E. , Mubarok, A., Dinantara., M., D. (2020). Pelatihan Perpajakan Untuk UMKM Di Majelis Da’wah Al’adni. Jurnal Abdi Laksana, 1(1).

Downloads

Published

2023-01-28