PENTINGNYA PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI WARGANEGARA DI DESA KURIPAN CISEENG BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28376Abstract
Pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai usaha sadar dan terancana untuk membina manusia menjadi makhluk yang memiliki intektulitas yang tingi, sebagai negara yang menganut sistem demokrastis sudah sepatutnya pendidikan demokrasi yang kemudian pendidikan tersebut dikenal lebih masif dalam lingkup pendidikan politik. Pentingnya pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik warga negara harus sejak dini dilakukan misalnya saja dalam dunia pendidikan yaitu termuat dalam beberapa materi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, namun lebih dari itu pendidikan politik harus lebih masif disosilisasikan terlebih untuk generasi muda sebgai pemilih pemula. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan politik untuk meningkatkan partisipasi politik warganegara, metode kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi serta tanya jawab. Kemudian metode penulisan pada jurnal kali ini yakni menggunakan metode penulisan deskriptif teoritik. Hasil yang didapatkan yakni bahwa (1) pendidikan politik dalam penyelenggaraan pendidikan formal khusunya di jenjang pendidikan menangah memang harus masif dilaksanakan, (2) rendahnya partisipasi politik warganegara memang dipengaruhi oleh rendahnya edukasi tentang pendidikan politik, maka dari itu sosialisasi tentang pentingnya pendidikan politik bukan hanya tanggung jawab kurikulum pendidikan yang mencantum materi ini dalam mata pelajaran lebih dari itu sosialisasi pendidikan politik adalah tanggung jawab bersama khusunya akademisi.
Kata Kunci : Pendidikan, Pendidikan Politik, Partisipasi Politik
References
Bashori, K. (2018). Pendidikan politik di era disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287-310.
Efendi, I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan: Wahana Pengembangan Kompetensi Warganegara Dalam Pengenalan Partisipasi Politik Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 149-162.
Fales, S. (2018). Fungsi Partai Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Ditinjau Dari Hukum Positif. Al Imarah: Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam, 3(2), 199-210.
Haerul, I. (2019). Peranan Pendidikan Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Kelas X Di Ma Al-Muthmainnah. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 9(1).
Hawkins, J. N. (2019). Politics, education, and language policy: The case of Japanese language schools in Hawaii. In Japanese Immigrants and American Law (pp. 379-396). Routledge.
Juditha, C., & Darmawan, J. J. (2018). Use Of Digital Media And Political Participation Milenial Generation-Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 272787.
Judson, C. F. (2021). Cuba and the Revolutionary Myth: The Political Education of the Cuban Rebel Army, 1953-1963. Routledge.
Lilja, P. (2018). Defending a common world: Hannah Arendt on the state, the nation and political education. Studies in Philosophy and Education, 37(6), 537-552.
Liu, G. (2021). The ways and methods of ideological and political education for postgraduates. Advances in Educational Technology and Psychology, 5(3), 80-87.
Manik, T. S., & Suharno, S. (2019). Tinjauan Reflektif Media Massa dalam Pendidikan Politik di Indonesia. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 7(1), 51-59.
McPherson, H. (2022). A political education. In A Political Education. University of Texas Press.
Nuna, M., & Moonti, R. M. (2019). Kebebasan Hak Sosial-Politik Dan Partisipasi Warga Negara Dalam Sistem Demokrasi Di Indonesia. Jurnal Ius Constituendum, 4(2), 110-127.
Nuraini, N., Riadi, A., Umanailo, M. C. B., Rusdi, M., Badu, T. K., Suryani, S., ... & Hentihu, V. R. (2019). Political Policy for the development of Education. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10).
Nurdin, P. H. (2019). Politik Hukum Pengaturan Pendidikan Politik oleh Partai Politik. Jambura Law Review, 1(2), 144-166.
Priandi, R., & Roisah, K. (2019). Upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam pemilihan umum di Indonesia. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 106-116.
Rahman, A. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 44-51.
Rahman, A., Latifah, E. D., & Fachrurrazi, S. (2022). Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Warga Negara. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(1), 12-24.
Shevchenko, V. V. (2019). The reform of the higher education of Ukraine in the conditions of the military-political crisis. International Journal of Educational Development, 65, 237-253.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.
Sypnowich, C. (2018). Lessons from dystopia: Critique, hope and political education. Journal of Philosophy of Education, 52(4), 660-676.
Wulandari, N. A. R. T., & Dayati, U. (2020). Hubungan Pengetahuan Kewarganegaraan dengan Partisipasi Politik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 361-367.
Yi, Y., & Dan, W. (2020). The realization of ideological and political education in college English based on cultural confidence. Creative Education, 11(11), 2193.