ANALISA KONSUMEN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM MIEWAW TERHADAP MASYARAKAT DI KOTA BATAM

Authors

  • Alissya Maidha Fitri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal
  • Angie Angie Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal
  • Fatimah Febriani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal
  • Raisy Raisy Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal
  • Renza Fahlevi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal
  • Edy Yulianto Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Internasional Batal

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28377

Abstract

Teknologi yang semakin canggih memberi kesempatan kepada UMKM baru untuk meningkatkan engagement dan merek dari UMKM itu sendiri. Tidak hanya itu, fakta bahwa adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan pengurangan aktivitas diluar rumah membuat seluruh masyarakat untuk melakukan seluruh aktivitas dengan memanfaatkan Internet termasuk dalam melakukan promosi dan kegiatan pemasaran. Namun, tidak semua pemilik UMKM dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan promosi ataupun kegiatan pemasaran lainnya. Hal ini dikarenakan faktor umur, kurangnya edukasi dan dorongan diri untuk mempelajari hal baru mengenai tren di jaman sekarang.  MieWaw adalah usaha makanan kecil yang berlokasi di Kota Batam yang memiliki kendala atau faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Maka dari itu, dilakukan analisa konsumen dan pemanfaatan media sosial terhadap serta program pemasaran yang tersusun rapi pada UMKM MieWaw untuk meningkatkan brand awareness sekaligus profit yang ingin dicapai.

Kata Kunci : UMKM, Merek, Program Pemasaran

References

Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Creative Strategies in Social Media Marketing: An Exploratory Study of Branded Social Content and Consumer Engagement. Psychology and Marketing, 32(1), 15–27. https://doi.org/10.1002/mar.20761

Ferrell, O. C., Hartline, M., & Hochstein, B. W. (2021) Marketing Strategy. Cengage Learning.

Gamas, J., & Suhermin. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(4).

Kusuma, R. D. K., Sutjipto, S. S. U., Sujana, & Maretha, H. A. (2020). Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 215–222. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.1403

Mulyati, S., & Fitriyani, R. (2020). Sistem Informasi PT. Fortuna Propertindo Indonesia Berbasis Web. Fortech (Journal of Information Technology), 4(1), 8–13.

Ramadhani, F. D., & Roostika, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Ekuitas Merek dan Respon Konsumen pada Usaha Kuliner Selebriti di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 76–87. https://journal.uii.ac.id/selma/index76ArtikelHasilPenelitian

Rofa, I. T., Meilani, A. R., Hasibun, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi. (2021). Journal of Visions and Ideas Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Visions and Ideas, 1(2), 222–235. https://doi.org/47467/ visa.v1i2.945

Rohmah, N. N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam; Jurnal Komunikasi DanPenyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/ 10.31764/jail.v4i1.2957

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https:// doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

Darusman, Y. M., Bastianon, B., Susanto, S., Benazir, D. M., & Setiawan, T. (2021). Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 173-179.

Published

2023-01-28