PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM DI ERA DIGITAL PADA REMAJA RUMAH INSPIRASI CAHAYA HATI TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Indra Januar Rukmana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang
  • Shela Indah Savitri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang
  • Devi Fitria Wilandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v4i1.28378

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan denganpengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan peruguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keulmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada maysarakat ini berupa penyuluhan dan pembinaan, yaitu selain Tindakan, proses dan hasil atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusiatas berbagai kemungkinan, berkembangan atau peningkatan atas sesuatu. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang di peroleh adalah mendapatkan gaya ajar yang menarik dalam meningkatkan minat belajar santri di Rumah Inspirasi Cahaya Hati Tajurhalang Kab. Bogor. Ilmu yang di peroleh dapat di kembangkan Kembali serta di sebarluaskan gunaa memberikan hal terbaik bagi remaja dan para santri.

Kata Kunci : Pelatihan dan Pengembangan SDM

References

Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2014) h. 167-168 Ibid., 168-169 Bukhari Umar, op. cit. h. 189-192

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: KENCANA, 2014) h. 176

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011) h. 137 Bukhori Umar, op. cit. h. 191 Ahmad Tafsir, op. cit.h. 144-147

Ahmad Tafsir, Metodoliogi pengajaran Agama Islam (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007) h. 9-10

Ali, M. (2017). Pendidikan Karkter. Surakarta: Solopos.

Alma. B. (2015), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta Cummins. J. (2014), Sales Promotion, Jakarta: PPM

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar : Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Askar. (2006). Potensi dan Kekuatan Kecerdasan pada Manusia (IQ, EQ, SQ) dan Kaitannya dengan Wahyu. Hunafa, 3, 218.

Asmara, A. (2016). Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan Beni Ahmad Saebani, Hendra Akhdhiyat, Ilmu Pendidikan Islam, (bandung: Cv Pustaka Setia, 2009) h. 261

Beik, I. S., dan Arsyanti. L. D. (2016), Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: Rajawali Pers. Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: AMZAH, 2011) h. 180-181 Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif: Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yohyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dinantara, M. D., Susanto, S., Kristianto, E., Apriansyah, M., & Amirudin, A. (2022). Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Santri Pondok Pasantren Abu Dzar Desa Sukawangi Kabupaten Bogor Paopinsi Jawa Barat. Pro Bono Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01).

Kotler. P., & Amstrong. G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler. P., & Keller. K. L. (2016), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mubarok, A., Dinantara, M. D., Susanto, S., Zulfitra, Z., & Sahroni, S. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Marketplace Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Desa Pabuaran. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 534-539.

Mullins, J. W., & Walker J. O. C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.

Pratomo T. S, Soejoedono A. R. (2002). Ekonomi Skala Kecil/Menengah dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti. F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Stanton, W. J. (2012). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: Yohanes Lamarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Swastha. B. (2012), Manajemen Penjualan, Edisi 3, Yogyakarta, BPFE. Tjiptono. F. (2014), Pemasaran Jasa, Yogyakarta, Andi.

Tambunan, Tulus. (2014). Perekonomian Indonesia (3 Ed.). Ghalia Indonesia.

Winardi. (1989). Strategi pemasaran. Bandung: Mandarmaju.

Published

2023-01-28